Solusi Tepat Menangani Masalah Berat Badan Balita Usia 2 Hingga 5 Tahun

Solusi Tepat Menangani Masalah Berat Badan Balita Usia 2 Hingga 5 Tahun
Solusi Tepat Menangani Masalah Berat Badan Balita Usia 2 Hingga 5 Tahun

123Berita.com – Banyak pakar mengatakan bahwa usia Si Kecil 2 hingga 5 tahun adalah rentang usia emas yang harus diperhatikan. Oleh karenanya, Moms harus memastikan jika Si Kecil tumbuh dengan sehat dan memiliki berat badan yang ideal. Ya, kali ini, drbrowns.id akan membahas permasalahan berat badan Si Kecil usia 2 hingga 5 tahun yang kerap terjadi.

Perlu Moms sadari bahwa keinginan Moms untuk menjaga berat badan Si Kecil agar ideal terkadang terbentur dengan fakta bahwa Si Kecil sudah makan atau mengalami masalah lainnya. Hal ini nantinya akan berdampak pada Si Kecil yang kekurangan berat badan dan terlalu kurus.

Kondisi ini tentu harus dicegah. Berat badan yang kurang tentu secara umum akan berdampak pada kesehatan mereka.

Berat Badan Ideal Untuk Si Kecil Usia 2 Hingga 5 Tahun

Pertanyaan yang kemudian muncul terkait berat badan Si Kecil adalah berapa berat badan ideal Si Kecil untuk usia 2 hingga 5 tahun?

Nah, tentu saja Moms perlu mengetahuinya. Dengan pengetahuan tersebut nantinya Moms bisa mengukur berapa kekurangan berat badan tersebut dan apa yang harus dilakukan.

Adapun detail berat badan ideal untuk Si Kecil usia 2 hingga 5 tahun adalah sebagai berikut:

  1. Berat badan ideal untuk Si Kecil usia 2 tahun
  2. Anak laki-laki              : 9,7 – 15,3 kilogram
  3. Anak perempuan     : 9 – 14,8 kilogram
  4. Berat badan ideal untuk Si Kecil usia 3 tahun
  5. Anak laki-laki              : 11,3 – 18,3 kilogram
  6. Anak perempuan     : 10,8 – 18,1 kilogram
  7. Berat badan ideal untuk Si Kecil usia 4 tahun
  8. Anak laki-laki              : 12,7 – 21,2 kilogram
  9. Anak perempuan     : 12,3 – 21,5 kilogram
  10. Berat badan ideal untuk Si Kecil usia 5 tahun
  11. Anak laki-laki              : 13,7 – 24,2 kilogram
  12. Anak perempuan     : 13,7 – 24,9 kilogram

Data di atas adalah rentang ideal untuk berat badan Si Kecil di usia 2 hingga 5 tahun. Setelah mengetahui detail berat ideal tersebut, Moms tinggal menimbang berat Si Kecil dan menilai apakah Si Kecil memiliki berat yang ideal atau tidak.

Kenapa Si Kecil Bisa Kekurangan Berat Badan?

Tentu, ada penyebab dari masalah Si Kecil yang tidak memiliki berat badan ideal tersebut. Nah, Moms juga perlu mengetahui detail penyebab tersebut sebelum nantinya melakukan tindakan yang diperlukan.

Adapun beberapa sebab umum kenapa Si Kecil kekurangan berat badan, terutama di periode emas usia mereka adalah sebagai berikut:

  • Malnutrisi

Bisa dikatakan jika malnutrisi atau kekurangan nutrisi adalah penyebab utama kenapa Si Kecil tidak memiliki berat badan yang ideal. Hal ini sangat beralasan karena nutrisi yang terserap akan sangat mempengaruhi berat badan. Bisa jadi, pola makan Si Kecil tidak beraturan ataupun ia cenderung mengonsumsi makanan rendah gizi.

  • Aktivitas yang berlebihan

Si Kecil memang akan cenderung suka bergerak dan bermain. Sebenarnya, hal ini baik untuk mereka karena akan membuatnya aktif. Hanya saja, seringkali, aktivitas yang berlebihan tersebut tidak ditunjang dengan pemenuhan gizi yang seimbang sehingga berat badan mereka cenderung kurang.

  • Memiliki gangguan kesehatan tertentu

Berat badan ideal yang tidak dimiliki oleh Si Kecil bisa jadi dikarenakan adanya gangguan kesehatan tertentu. Sistem imun yang belum terbentuk sempurna akan membuat Si Kecil cenderung rentan terkena gangguan kesehatan. Oleh karenanya, perlu pemeriksaan yang tepat untuk mengetahui penyakitnya tersebut.

  • Adanya gangguan pencernaan

Perlu Moms ketahui bahwa Si Kecil pada umumnya belum memiliki sistem pencernaan yang baik dan stabil. Oleh karenanya, gangguan pada sistem pencernaan bisa jadi akan cukup sering terjadi dan jika tidak segera ditanggulangi, maka akan menyebabkan Si Kecil memiliki berat badan yang kurang ideal.

  • Stress yang muncul

Apakah Moms tahu bahwa Si Kecil bisa mengalami stress? Ya, stress bisa terjadi terutama jika ia sering ditinggal dan mencari orang tua. Ketika stress, metabolisme tubuh akan berkurang dan nafsu makan menjadi hilang. Hal inilah yang bisa menyebabkan Si Kecil kekurangan berat badan.

Beberapa poin di atas adalah sebab umum kenapa Si Kecil bisa kekurangan berat badan di usia emas mereka. Tentu, selain mengetahui sebab dari masalah berat badan tersebut, Moms juga harus mengetahui solusi yang bisa dilakukan.

Cara Mengatasi Masalah Berat Badan Si Kecil yang Kurang Ideal

Ada beberapa cara yang Moms bisa lakukan untuk mengatasi masalah berat badan kurang ideal yang diderita oleh Si Kecil. Dengan beberapa cara tersebut, tentu masalah kurang berat badan nantinya akan bisa diatasi dengan tepat dan cepat.

Beberapa cara yang dimaksud diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Fokus pada kualitas makanan yang diberikan

Sebagaimana disinggung di awal, masalah berat badan Si Kecil salah satunya disebabkan oleh kurangnya nutrisi dari makanan yang diberikan. Nah, agar berat badan mereka meningkat, maka Moms harus fokus pada kualitas dari makanan yang diberikan.

Artinya, Moms harus lebih selektif dalam memilih makanan yang akan diberikan pada Si Kecil. Misalnya saja, Moms bisa memulai untuk memberikan makanan yang lebih menyehatkan, seperti sayur, buah, atau camilan sehat lainnya.

Dengan pemilihan makanan yang tepat, nantinya berat badan Si Kecil pasti akan meningkat. Hanya saja, Moms perlu memperhatikan menu makanan tersebut agar Si Kecil tidak merasa bosan.

  • Memberikan vitamin untuk Si Kecil

Hal lain yang bisa Moms lakukan untuk meningkatkan berat badan Si Kecil agar ideal adalah dengan memberikan vitamin kepadanya. Ini juga termasuk salah satu solusi yang tepat untuk dilakukan. Pasalnya, vitamin bisa menjadi pilihan yang pas guna meningkatkan nutrisi yang didapatkan dari makanan yang diberikan.

Nah, ada cukup banyak produk dan jenis vitamin yang bisa diberikan pada Si Kecil. Dalam hal ini, Moms sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter atau medis untuk menentukan vitamin apa yang cocok sesuai dengan kondisi Si Kecil.

  • Atur pola tidur Si Kecil

Salah satu sebab utama kenapa Si Kecil memiliki berat badan yang kurang adalah karena ia sangat aktif dan kurang istirahat. Terlebih, ketika mereka memiliki mainan atau teman bermain yang baru.

Nah, meskipun bermain adalah fitrah Si Kecil, namun ada baiknya jika Moms mengatur pola tidur Si Kecil. Ini adalah langkah yang tepat untuk menjaga kesehatan Si Kecil dengan lebih baik.

Dengan memiliki pola tidur yang baik, maka kondisi fisik Si Kecil tentu akan lebih baik. Mereka juga akan memiliki metabolisme tubuh yang lebih stabil untuk kemudian memiliki penyerapan nutrisi yang lebih maksimal. Nah, demikian beberapa ulasan mengenai penyebab serta cara mengatasi masalah berat badan yang sering terjadi pada Si Kecil ala drbrowns. Selalu perhatikan berat badan Si Kecildan pastikan berat badannya ideal untuk menjaganya agar tetap sehat.

BACA JUGA