Sariamin Ismail Nongol di Google Doodle Hari Ini, Siapa Dia?

Google Doodle hari ini memajang gambar Sariamin Ismail, seorang novelis wanita pertama di Indonesia sebagai bentuk perayaan ulang tahun ke-112
Google Doodle hari ini memajang gambar Sariamin Ismail, seorang novelis wanita pertama di Indonesia sebagai bentuk perayaan ulang tahun ke-112

123berita.com – Ada tampilan berbeda di halaman muka Google pada Sabtu (31/07/2021). Jika diperhatikan, ada gambar sosok wanita mengenakan baju adat Minangkabau bernuansa merah dan merah muda.

Ia digambarkan tengah menulis pada setumpuk kertas, sedangkan di sekitarnya tampak untaian daun hijau membentuk tulisan Google. Ilustrasi Google Doodle hari ini merupakan karya seniman kenamaan Indonesia, Ayang Cempaka.

Bacaan Lainnya

Google Doodle hari ini menampilkan Sariamin Ismail, seorang novelis wanita pertama di Indonesia. Google memajang ilustrasi sosok populer tersebut di halaman awal sebagai bentuk perayaan ulang tahunnya ke-112.

Pada 31 Juli 1909 silam, Sariamin Ismail lahir di Talu, Sumatra Barat, Hindia Belanda (sekarang Indonesia). Dia mulai menjelajahi dunia puisi pada usia sepuluh tahun. Saat mengingjak remaja, tepatnya di usia 16 tahun, tulisannya diterbitkan di beberapa surat kabar lokal.

Sariamin Ismail menjadi guru setelah lulus SMA dan bekerja di berbagai kota di Nusantara sambil terus menulis selama beberapa dekade berikutnya. Ia adalah seorang penulis aktif pada saat suara wanita Indonesia dibelenggu.

Pos terkait

BACA JUGA