WhatsApp Web bakal Punya 3 Fitur Baru, Ini Bocorannya!

123berita.com – Aplikasi perpesanan instan WhatsApp terus melakukan serangkaian pengembangan. Belakangan, platform digital itu dikabarkan tengah menggarap proyek baru untuk WhatsApp Web.

Mengutip WABetaInfo, ada tiga fitur baru saat ini tengah dikembangkan, yakni dark theme alias tema gelap, voice and video calls, dan search image. Kendati ketiganya belum tersedia untuk penggunaan sehari-hari, namun kabarnya ada fitur yang sudah bisa dicoba.

Berikut perkembangan terbaru tiga fitur baru di WhatsApp Web sebagaimana dilansir dari detikinet, Minggu (21/06/2020).

  1. Dark theme
    Dalam artikel yang dipublikasikan WABetaInfo beberapa waktu lalu, WhatsApp dilaporkan tengah mengembangkan dark theme atau tema gelap untuk versi web dan desktop. Fitur ini ternyata belum tersedia dan masih terus dikembangkan hingga bisa berfungsi stabil.

Namun, jika kamu penasaran ingin mencoba dark theme untuk WhatsApp Web bisa ikuti langkah berikut:

  1. Pindai kode QR di laman resmi WhatsApp Web
  2. Klik kanan dan pilih fitur inspect di luar percakapan
  3. Cari kalimat ‘body class = web‘ di bagian atas tampilan kode halaman usai mengklik fitur inspect
  4. Kata ‘web’ diganti dengan ‘web dark‘ kemudian klik enter

Nantinya jika telah tersedia di WhatsApp Web, fitur dark theme mungkin tersedia di WhatsApp Settings, kemudian klik theme. Kendati belum ada perkembangan, WABetaInfo melaporkan pembaruan dari fitur dark theme untuk WhatsApp Web.

“WhatsApp menggunakan warna gelap alternatif untuk dark theme pada WhatsApp Web yang juga dilakukan pada iOS bubbles. Warna alternatif ini lebih gelap dibanding sebelumnya,” tulis WABetaInfo.

B. Voice and video calls
Selain dark theme, WhatsApp saat ini juga tengah merampungkan proyek pengembangan fitur voice and video calls

untuk versi web dan desktop. Fitur ini belum tersedia untuk penggunaan sehari-hari, namun WABetaInfo punya kabar baik bagi para pengguna setia WhatsApp.

“Nantinya, WhatsApp Web/desktop bisa melakukan group calls seperti pada WhatsApp untuk smartphone,” tulis WABetaInfo.

C. Search image
Seperti dua fitur sebelumnya, WhatsApp juga masih serius mengembangkan search image untuk versi WhatsApp Web/desktop. Belum ada informasi detail terkait kapan perilisan fitur baru tersebut.

Search image akan tersedia di masa mendatang untuk versi WhatsApp Web/desktop. Saat ini, WhatsApp masih terus menguji fitur search image sebelum rilis,” tulis WABetaInfo.

Fitur search image tersedia jika pengguna meneruskan pengiriman gambar lebih dari empat kali. Fungsi forward akan diganti pertanyaan yang memungkinkan pengguna mencari tambahan informasi terkait gambar tersebut.

Bunyi kalimat tersebut adalah, “Would you like to search this on the web? This will upload the message to Google.” Adapun terjemahannya adalah “Apakah Anda ingin mencari ini di web? Ini akan mengunggah pesan ke Google.”

author
Journalist & Content Writer