Viral Foto Komodo Adang Truk di Pulau Rinca, Ini Kata Pihak Terkait

JAKARTA, 123berita.com – Beberapa hari terakhir media sosial dihebohkan dengan beredarnya foto seekor komodo tengah berhadapan dengan sebuah kendaraan jenis truk di Pulau Rinca, Taman Nasional Komodo. Tak sedikit netizen menyesalkan kegiatan di pulau tersebut hingga muncul tagar #savekomodo dan trending di Twitter, Senin (26/10/2020).

Sebagai bagian dari penataan menyeluruh Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Labuan Bajo di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan pembangunan sarana dan prasarana pendukung pariwisata. Salah satunya di Pulau Rinca, Taman Nasional Komodo.

Selanjutnya, guna melindungi Taman Nasional Komodo sebagai World Heritage Site UNESCO yang memiliki Outstanding Universal Value (OUV), Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Sumber Daya Air (Ditjen SDA) dan Ditjen Cipta Karya melaksanakan penataan kawasan Pulau Rinca dengan penuh kehati-hatian.

Dalam hal ini, Kementerian PUPR bekerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) melalui Ditjen Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE), ditandai dengan penandatanganan kerja sama pada 15 Juli 2020.

author
Journalist & Content Writer