4 Tips Memilih Layanan Hosting Yang Wajib Kalian Ketahui

123Berita.com – Hosting dan domain adalah duat kata yang tidak bisa terpisahkan, jika bisa dibilang perumapaan seperti toko. Hosting sendiri adalah bentuk bangunan fisik untuk menyimpan semua barang dagangan, sedangkan domain sendiri adalah nama dari toko tersebut.

Nama yang sudah di bentuk dalam papan nama sehingga memudahkan pembeli untuk mencari dan mengenalinya. Bagi kalian yang berniat terjun ke bisnis internet seperti toko online, media, atau bahkan hanya untuk personal branding mempunyai situs adalah sebuah keharusan dan kewajiban. Nah, maka dari itu untuk membuat situs kalian harus mempunyai hosting dan domain, tetapi tentu saja bukan hosting yang di bilang asal-asalan. Karena masa depan usaha kalian dapat di tentukan dari seberapa cepat, seberapa handal, dan juga seberapa aman hosting tempat kalian akan menyimpan semua data data di situs tersebut.

Nah kali ini saya akan memberi tips untuk kalian pertimbangkan terlebih dahulu dalam memilih layanan hosting.

Baca Juga: Web Hosting Indonesia

Tips Memilih Hosting Yang Wajib Teman-Teman Ketahui

1. Sesuaikan Paket Hosting dengan Kebutuhan Kalian

Semua layanan hosting yang berasal dari luar negeri ataupun dalam negeri akan menawarkan paket hosting yang beragam. Tentu saja dengan harga yang berbeda beda dan juga bervariasi. Kalian jangan melihat dengan satu layanan saja, tapi kalian harus membandingkan paket yang ada dan sesuaikan pula dengan kapasitas yang kalian butuhkan. Hosting sendiri di bagi menjadi beberapa jenis, yaitu

  • Shared

Shared hosting biasanya paling banyak di gunakan untuk usaha usaha kecil sampai dengan menengah, karena relatif lebih terjangkau. Akan teteapi, karena server jenis shared ini di gunakan beramai ramai oleh pelanggan lainnya. maka di jam jam server tersebut ramai kalian bisa terpengaruh akibat ddari situs pelanggan lainnya yang di tempatkan oleh server yang sama. Di Negara Indonesia sendiri pake disk spacehosting yang bertipe shared biasanya di tawarkan minimal 500MB sampai dengan tidak terbatas. Harganya pun berkisar antara 15 ribu samapi dengan jutaan untuk per bulannya, begitupun dengan bandwidthnya

  •  VPS (Virtual Private Server)

Vps sendiri mempunyai kepanjangan Virtual Private Server, VPS ini mempunyai resource yang lebih besar dan vurtualisasi kepada setiap server meski dari sisi penggunaan hampir mirip dengan shared hosting. Untuk VPS ini harganya mulai dari 500 ribuan untuk perbulannya.

  • Dedicated Server

Dedicated server adalah jenis layanan hosting yang berbentuk virtualisasi server, dimana semua pelanggan dapat menyewa porsi server yang lebih banyak bahkan bisa juga seluruh server. Sehingga resource yang di dapat tentunya akan lebih banyak dari pada jika cuma menggunakan shared hosting.

Untuk harga dedicated server ini pun bisa di bilang paling mahal dari yang lainnya, bisa sekitar jutaan untuk per bulannya.

Nah kalian tinggal sesuaikan lagi dengan kebutuhan dan kapasitas kalian. Jika kalian ada rencana untuk membuat toko online, paling tidak carilah paket disk space yang berukuran diatas 10 GB. Karena anda akan membutuhkan banyak ruang simpan untuk berbagai macam produk yang sudah pasti mengandung konten gambarnya daripada teks. Akan teteapi jika ada yang tanya kenapa tidak unlimited saja, itu juga boleh. Akan tetapi kalian akan mengeluarkan biaya banyak dan juga akan lebih mahal. Jika untuk membuat situs personal branding saja, kalian tidak akan membutuhkan resource yang cukup besar. Jadi daripada kalian membuang buang uang untuk sesuatu yang sudah di katakan mencukupi, lebih baik jangan.

2. Uji kualitas dari layanan pelanggan

Tips ini sering sekali di anggap tidak penting, akan teteapi tips ini bisa menjadi penentu kenyamanan kalaian selama memakai layanan tersebut. Dalam arti, jika layanan pelanggannya sanagat cepat, sanagat responsif, dan sangat ramah tentunya kalian akan merasa nyaman dan senang. Jika dengan sebaliknya, anda sudah pasti tidak akan merasa nyaman dan tetunya akan merasa kecewa.

Maka dari inilah kalian harus dan wajib menguji layanan pelanggannya dengan cara mencobanya sendiri dan secara langsung. Ajaklah ngobrol dengan pengguna yang berbeda dan juga kalian harus perhatikan bagaimana responnya. Meskipun cara yang ini tidak bisa menjadi baku untuk menilai bagus tidaknya kualitas server tersebut, akan tetapi kalian setidaknya memperoleh gambaran pelayanan tersebut.

3. Pilih lokasi server yang tepat

Banyak orang yang menganggap jika lokasi server tidak penting untuk di perhatikan saat memilih hosting. Padahal ini sangat penting loh. Konsep konvensional berlaku disini, bahwa semakin dekat lokasi server dari tempat tinggal kita, otomatis server akan lebih cepat untuk mengakses ke situs yang bersangkutan. Jika kalian ingin membuat hosting di Indonesia dan menarget pasar Indonesia, maka pilihan terbaik adalah server yang berlokasi di Indonesia. Yah walaupun bisa di biliang lebih mahal sedikit, tapi ini juga untuk kepentingan kalian.

4. Cek dan bandingkan fiturnya

Perhatikanlah layanan hosting yang menurut kalian paling baik, kemudian cek kembali fitur fitur yang di tawarkan. Ada beberapa yang perlu kalian ketahui, yaitu

  • Berapa bandwidth yang di tawarkan
  • Berapa addon domain yang bisa di tambahkan
  • Ketersediaan Cpanel
  • Dukungan SSL
  • Fitur Back up otomatis
  • Fitur Website Builder

Nah itu dia beberapa tips dari saya untuk kalian yang ingin menggunakan hosting.

author