Selamat Hari Ayah 21 Juni, Ini Dia Sejarahnya

123berita.com – 21 Juni seperti biasa diperingati sebagai Father’s Day atau Hari Ayah. Kali ini, Hari Ayah Sedunia atau Hari Ayah Internasional jatuh pada Minggu (21/06/2020).

Kendati kita sudah sering menggelar peringatan Hari Ayah, namun tak sedikit orang tahu sejarah atau awal mulanya. Dikutip dari rilis Greenfields, sejarah berawal dari seorang wanita bernama Sonora Smart Dodd.

Ayah Sonora membesarkan enam anak seorang diri usai ditinggal mati istrinya. Sikap ayah Sonora ini tidak seperti umumnya orang di zaman itu, di mana anak-anak yang ditinggalkan ibunya diasuh orang lain atau ibu tiri.

Singkat kata, Sonora terinspirasi sosok Anna Jarvis yang mendorong perayaan Hari Ibu. Atas kebaikan dan kepedulian sang ayah terhadap anak-anaknya, Sonora merasa ayahnya pantas mendapatkan pengakuan atas segala jasa maupun apa yang telah dilakukannya.

Setelah melakukan segala upaya, di antaranya mengumpulkan dukungan dengan berbagai cara, Hari Ayah pun akhirnya diakui untuk kali pertama pada Juni 1910 di Amerika.

Tak bisa dimungkiri, ayah adalah tulang punggung keluarga. Ia adalah sosok pemimpin bagi istri dan anak-anaknya. Ayah telah mengajarkan banyak hal mengenai arti hidup dan kehidupan.

Oleh karenanya, tak ada alasan bagi kita untuk tidak berbakti pada sang ayah. Kalaupun ada kekurangan pada diri ayah kita hal itu cukup wajar sebab tak ada manusia sempurna.

Selamat Hari Ayah. Sosok dan pribadimu akan menjadi panutan dan inspirasi bagi anak-anakmu.

author
Journalist & Content Writer