Gambar, Ciri-Ciri & Video Rumah Minimalis Sederhana dan Modern

Rumah Minimalis Sederhana yang Semakin Banyak diburu
Rumah Minimalis Sederhana yang Semakin Banyak diburu

123Berita.com, Rumah Minimalis Sederhana yang Semakin Banyak diburu – Hunian di era sekarang sangat banyak diminati, terutama bagi pasangan keluarga muda yang baru saja menikah.

Beragam desain pun tersedia di pasaran sehingga bisa mengakomodasi kebutuhan dan selera masyarakat.

Bacaan Lainnya

Rumah Minimalis Modern Menjadi Buruan Pasangan Muda

Rumah minimalis Sederhana

Merangkum dari berbagai sumber, bicara tentang desain rumah minimalis sederhana, model hunian ini semakin banyak diburu.

Hal itu tentu saja karena ada banyak keuntungan yang bisa didapat.

Selain lebih hemat tempat, pembangunan landed house minimalis sederhana membutuhkan dana lebih sedikir ketimbang hunian mewah.

Bukan itu saja, biaya perawatan rumah yang minimalis sederhana juga jauh lebih murah dibanding hunian mewah.

Baca Juga:

Ingin Percantik Rumah? Ini Tips Menata Teras Rumah Tipe Minimalis Sederhana Beserta Modelnya!

Tips dan Trik Membuat Taman di Rumah Minimalis Agar Sedap Untuk Dipandang

Rumah model minimalis sederhana punya ciri khas mengutamakan kesan simpel dengan pembatasan jumlah perabot di dalamnya.

Mengingat areanya tidak luas, tentu saja diperlukan penataan interior secara tepat dan rapi agar rumah tidak terkesan sempit.

Gaya properti di era kekinian juga tak bisa jauh dari desain rumah modern minimalis. Hunian tapak minimalis modern kerap diadopsi kalangan keluarga milenial.

Desain rumah yang minimalis modern kian digandrungi karena pada dasarnya konsep ini cenderung mengutamakan efisiensi dan fungsional, namun tetap dapat memenuhi kebutuhan penghuninya.

Rumah minimalis modern 2023

Konsep rumah dengan bentuk minimalis modern bukan hanya sebatas pada desain arsitektur semata, namun juga tetap memperhatikan desain interior, pemilihan perabot, warna, pengaturan cahaya hingga tanaman penghias rumah.

Setidaknya ada lima karakteristik desain rumah minimalis modern perlu diketahui.

Selain fungsi dan bentuk sederhana serta dinding maupun langit-langit sederhana, kondisi ruangan juga harus bersih dan terang, dekorasi tepat, dan visual yang tepat dalam menempatkan furnitur.

Desain rumah merupakan bentuk cerminan karakter dan keunikan penghuninya. Gaya arsitektur minimalis bukan berarti selalu tampak sederhana dan biasa saja.

Desain rumah bentuk minimalis tampak depan tidak selalu sama antara satu rumah dengan rumah lainnya. Setiap rumah bisa didesain dengan tampak depan rumah yang unik dan memiliki ciri khas tersendiri.

Tampak depan rumah modern minimalis bisa tampil indah dan menjadi ikon di lingkungannya.

Banyak kalangan arsitek menyatakan saat ini desain segitiga yang dipakai sebagai bentuk atap membuat hunian tampak lebih minimalis dan mudah dikenali.

Selain bentuk atap unik, model rumah satu ini juga memanfaatkan dekorasi eksterior yang minim untuk menonjolkan sisi kesederhanaan.

Kaca bening sebagai pengganti dinding rumah bisa diaplikasikan dalam pembangunan rumah.

Efek transparannya membuat rumah tampak lebih sederhana dan terbuka di mana hal ini merupakan ciri rumah modern minimalis.

Desain properti sebaiknya memang disesuaikan dengan luasan maupun kebutuhan penggunanya. Terkait itu, rumah satu lantai pun bisa berdesain minimalis modern.

Dengan luasan agak besar, paling tidak bisa dibuat dua kamar.

Keterbatasan lahan di zaman sekarang tak bisa menghalangi kita untuk menghadirkan desain rumah yang minimalis modern satu lantai yang menarik.

Dengan kombinasi warna lebih bervariasi dan desain bentuk atap jengki bisa membuat tampilan rumah terlihat lebih menarik.

Selain pemilihan model atap rumah, aplikasi olahan bentuk-bentuk asimetrik lainnya seperti trapesium dapat membuat desain rumah model minimalis modern satu lantai tampil lebih dinamis dan tidak membosankan.

Rumah minimalis modern 1 lantai tahun 2023

Selain rumah satu lantai, saat ini ada berbagai desain rumah bentuk minimalis modern dua lantai.

Kendati terbilang kecil, namun rumah model ini juga menghadirkan kenyamanan dan terlihat elegan dengan desain minimalis yang ditampilkan.

Rumah modern minimalis dua lantai memiliki efisiensi lebih. Dengan desain dua lantai tentunya membuat fungsi ruangan menjadi lebih maksimal.

Desain rumah dua lantai juga membuat tampilan luarnya berkesan luas, meski sebenarnya luas tanah yang digunakan tidak terlalu besar.

Anda dapat menjadikan lantai dua sebagai lantai khusus untuk melakukan hal-hal privasi seperi sebagai kamar tidur pribadi dan lainnya.

Sementara lantai dasar dapat difungsikan untuk kegiatan-kegiatan bersifat umum seperti menjamu tamu, menggelar acara, atau kegiatan lainnya.

Ciri-Ciri Model Rumah Minimalis yang Harus Diketahui

Siapa pun pastinya memimpikan punya rumah indah dan nyaman ditinggali, terutama bagi keluarga muda yang baru membina rumah tangga.

Di masa-masa awal pernikahan, pasangan muda biasanya menginginkan rumah sederhana, namun terkesan mewah dan modern.

Nah, untuk mewujudkan hal ini, tentunya bisa memilih rumah model minimalis sederhana.

Merangkum berbagai sumber, Rumah gaya minimalis menghadirkan tampilan interior dan eksterior yang terbilang sederhana.

Saat memilih rumah dengan bentuk minimalis sebagai hunian perlu menjaga ruangan agar bersih dan tetap teratur sehingga terasa nyaman ditinggali.

Soal pemilihan warna juga perlu diperhatikan sebab dapat memberi kesan luas atau sempitnya ruangan.

Salah satu triknya, agar warna dapat menyatu dengan ruangan dan memberikan efek luas, urusan pemilihan gradasi antara dinding atap dan lantai haruslah sangat diperhatikan.

Berikut beberapa ciri rumah dengan bentuk minimalis sederhana yang perlu kamu ketahui sebelum kamu memutuskan menerapkannya.

Pemilihan jenis karpet

Karpet di rumah dengan gaya minimalis biasanya sederhana, komplementer, berwarna netral, dan dari segi ukuran biasanya tidak menghabiskan seperempat ruangan yang ada.

Selain itu, karpet untuk rumah yang minimalis biasanya dipilih yang mudah dipindah karena syarat lain dari rumah modern minimalis ruangannya harus fleksibel.

Interior

Rumah minimalis biasanya banyak menggunakan interior multifungsi atau rak-rak kecil yang ditempelkan di dinding sehingga tidak memakan tempat.

Selain itu, di dalam rumah model minimalis juga biasanya tidak banyak sekat dinding, melainkan dipilih sekat yang mudah digeser untuk tujuan fleksibelitas.

Pemilihan warna

Warna dasar netral biasanya banyak diterapkan pada dekorasi rumah minimalis.

Alasannya karena warna ini bisa dipadupadankan dengan beberapa warna lembut dan komplementer, seperti biru laut, hijau daun, atau merah muda blush on.

Selain itu, pada rumah model minimalis gradasi gelap terang juga kerap diaplikasikan pada sudut-sudutnya untuk memberi kesan luas ruangan yang sebenarnya kecil.

Penting untuk diketahui, penggunaan warna yang sedikit pada rumah dengan bangunan minimalis sangat disarankan.

Pasalnya, penggunaan banyak warna justru akan membuat desain terlihat rumit sehingga ruangan terasa sesak.

Jumlah furniture

Penggunaan furnitur di rumah model minimalis biasanya dipilih yang sederhana, fungsional, ramping, dan tidak ramai.

Penting untuk memilih sofa yang motifnya sederhana, meja dengan pola ukir tidak terlalu rumit, dan kursi simpel.

Sementara untuk bagian dapur, rak kabinet menjadi ciri utama dari rumah dengan bangunan minimalis.

Cara Memilih Model Rumah Minimalis

Setiap keluarga pastinya mengidamkan punya rumah indah dan nyaman ditinggali, terutama bagi pasangan muda baru menikah.

Di masa-masa awal pernikahan, pasangan muda biasanya menginginkan rumah sederhana, namun terkesan mewah dan modern.

Sebenarnya untuk memiliki rumah yang di inginkan tersebut membutuhkan desain rumah, baik itu desain rumah minimalis, sederhana, dan modern.

Merangkum dari berbagai sumber, saat ini banyak rumah minimalis sederhana ditawarkan sehingga kalangan keluarga muda bisa memilih kapan saja mereka ingin membeli rumah.

Adapun dari sekian banyak gaya rumah yang ada, tentunya harus tetap mempertimbangkan selera serta kebutuhan yang diperlukan.

Memilih rumah memang perlu pertimbangan cermat. Banyak pengembang menawarkan rumah modern minimalis dengan harga kompetitif.

Oleh karenanya, sebagai konsumen kamu harus jeli memilihnya, jangan sampai salah beli.

Nah, terkait pemilihan rumah minimalis untuk tempat tinggal, berikut kami bagikan tips sederhana dirangkum dari berbagai sumber.

Desain Menarik

Penting dipahami, konsep hunian minimalis adalah rumah sederhana. Desainnya tidak perlu macam-macam, cukup pilih desain yang simpel dan menarik.

Nyaman Ditempati

Menentukan rumah modern minimalis perlu memperhatikan kenyamanannya. Tingkat kenyamanan dipengaruhi banyak faktor, seperti lokasi strategis, desain menarik, dan fasilitas lengkap.

Semua harus ada.

Lokasi Strategis

Pemilihan lokasi menjadi salah satu hal penting dalam kepemilikan rumah. Lokasi strategis akan memudahkan pemiliknya untuk beraktivitas, baik bekerja, belanja, sekolah, dan berbagai kegiatan lainnya.

Terkait hal ini, perlu mempertimbangan akses jalan dan transportasi. Lokasi sebaiknya mudah dijangkau dengan kendaraan apa pun.

Harga Terjangkau

Rumah minimalis sederhana dengan harga terjangkau menjadi impian setiap keluarga. Salah satu pilihan hunian dengan harga terjangkau, yakni Perumnas.

Dengan perumahan murah bersubsidi yang dikembangkan, menjadikan produk perumnas banyak diminati.

Fasilitas Lengkap

Fasilitas hunian menjadi salah satu faktor pendukung kenyamanan. Kendati konsepnya minimalis, namun fasilitas rumah harus lengkap.

Rumah harus memiliki ruang tamu, kamar tidur, WC/toilet, dapur, air/sumur, taman, garasi, listrik dan fasilitas vital lainnya.

Kelengkapan fasilitas akan berpengaruh pada faktor lainnya.

Ciri-Ciri Rumah Bentuk Minimalis Modern

Kebutuhan untuk punya rumah pastinya menjadi impian siapa saja. Tak heran jika permintaan hunian baru tak pernah sepi dari peminat.

Bicara tentang perumahan tentu saja tak bisa lepas dari arsitekturnya. Gaya arsitektur perumahan dari berbagai tipe senantiasa berkembang mengikuti kemajuan zaman dan kebutuhan pasar.

Di era milenium sekarang, arsitektur rumah bergaya modern tengah menjadi tren.

Merangkum berbagai sumber, gaya arsitektur modern disebut sebagai pengaruh utama dari perkembangan arsitektur modern pada pertengahan abad ke-20, di mana saat itu tengah berkembang industri penerbangan dan juga perjalanan luar angkasa.

Alhasil, perkembangan ini menginspirasi bentuk-bentuk desain aerodinamis dengan mengeksplorasi penggunaan material besi pada dunia arsitektur.

Di Indonesia sendiri, gaya arsitektur modern berkembang sejak akhir abad 19 hingga pertengahan abad 20.

Jika kamu mendambakan punya rumah bergaya modern, pahami terlebih dahulu ciri-cirinya.

Berikut beberapa ciri rumah dengan arsitektur modern yang bisa menjadi panduan.

Elemen garis simetris dan bersih

Bangunan bergaya arsitektur modern pada umumnya hadir dengan elemen garis sangat kuat, baik elemen garis horisontal pada denah, hingga garis-garis vertikal dan diagonal pada gubahan masa dan fasad bangunan.

Garis-garis bergelombang, lengkung, atau garis-garis asimetrik cenderung jarang dijumpai pada bangunan bergaya arsitektur modern.

Rancangan yang terbuka dengan banyak elemen kaca

Tidak seperti bangunan tradisional umumnya, pada bangunan bergaya arsitektur modern biasanya memiliki denah lantai jauh lebih terbuka dengan minimnya keberadaan pembatas ruangan.

Selain itu, pada bangunan berarsitektur modern juga cenderung memanfaatkan penggunaan kaca sehingga hunian terkesan sangat terbuka.

Mengutamakan fungsi daripada bentuk

Berbeda dengan rumah tradisional yang cenderung menonjolkan nilai estetika, pada rumah modern estetika bukanlah faktor utama dari bentuk sebuah hunian.

Umumnya arsitektur bergaya modern lebih menonjolkan fungsi dari setiap ruangan. Apa pun bentuk yang dimiliki rumah tersebut pasti memiliki sebuah fungsi yang mendukung aktivitas penghuninya.

Memiliki ornamen jelas

Keberadaan ornamen tentu sangat mendukung kenyamanan sebuah rumah untuk ditinggali.

Kendati demikian, pada rumah berarsitektur modern ornamen adalah hal yang perlu dikurangi penggunaannya sebab hal tersebut tidak memberikan fungsi berarti.

Jika pun ada ornamen dalam rumah modern pasti memiliki bentuk yang jelas, seperti vertikal, horisontal, dan juga diagonal yang sederhana.

Hubungan dengan lingkungan sekitar

Rumah dengan arsitektur modern umumnya memiliki hubungan dengan topografi dari lingkungan atau tapak yang sangat erat, seperti misalnya fallingwater house yang memiliki hubungan langsung antara interior dan eksterior.

 

Gambar Rumah bangunan minimalis Sederhana dan Modern Sebagai Referensi Kalian

 

Gambar Desain Rumah Modern Minimalis Sederhana 1 Lantai

Desain Rumah Minimalis Modern Modern Tahun 2023

Untuk desain dari rumah minimalis modern tentu berbeda-beda, semua itu tergantung dari tipe rumah yang akan dipilih.

Jika kalian penasaran dengan beberapa desain rumah tipe minimalis modern terbaru tahun 2023.

Berikut ini akan saya berikan kepada kalian.

Manfaat Desain Denah Gambar Rumah Minimalis Yang Harus Kalian Ketahui

Tahukah kalian jika rumah modern minimalis yang terdiri dari 2 atau 3 kamar dengan penataan yang sangat rapi bisa menjadi pilihan terbaik bagi kalian.

Namun, tahukah kalian jika desain dari denah rumah modern minimalis ada beberapa manfaatnya, apa saja itu ?

Ekonomis

Rumah dengan desain minimalis ataupun sederhana hanya membutuhkan biaya mulai dari merancang, merawat, dan membangun yang murah dibandingkan rumah besar.

Terasa Efektif dan Efisien

Pada rumah modern minimalis, nampaknya akan terasa efektif dan juga efisien karena di setiap interiornya akan mendapatkan sinar matahari yang akan membuat ruangan menjadi hangat.

Oleh karena itu kalian akan dipaksa mengeluarkan dana yang jauh sedikit dibanding rumah besar.

Sangat Fleksibel

Pada desain rumah yang minimalis, anda memiliki kesempatan secara fleksibel untuk melakukan pengembangan rumah.

Harga Yang Terjangkau

Bukan hal asing lagi jika dari tahun ke tahun harga rumah meningkat tajam, hal ini dikarenakan permintaan pasar dan ketersediaan properti yang terbatas, selain itu.

semakin besar rumah yang kalian bangun, semakin besar pula biaya yang akan dikeluarkan.

Dengan membeli adanya rumah desain minimalis, kalian bisa merancang rumah dalam bentuk se minimalis mungkin dan tentunya kalian bisa menekan pengeluaran.

Minimalis bukan berarti jelek, minimalis berarti rumah yang sekiranya cocok untuk kalian tinggali bersama keluarga namun dalam bentuk yang modern.

Mudah Dibersihkan

Bukan hal tabu lagi jika memiliki rumah modern minimalis tentu akan sangat mudah untuk dibersihkan. Dibandingkan rumah besar, rumah bentuk minimalis tentunya memiliki ruangan yang lebih sedikit.

Hemat Uang

Membangun rumah dengan minimalis akan menghemat pengeluaran dibanding rumah besar. Keterbatasan tempat akan memaksa kalian tak ingin membeli barang-barang yang sekiranya memenuhi ruangan.

Berbeda halnya dengan rumah besar jika isinya sedikit tentu ruangan akan terlihat kosong dan tentu kurang, hal inilah yang memaksa pemilik rumah besar untuk membeli beberapa furniture untuk mengisi ruangan yang dikiranya kosong.

Bisa Jadi Investasi

Sekarang, sudah banyak vendor-vendor perumahan yang membangun rumah modern minimalis dan tentunya memperhatikan denah.

Dari tahun ke tahun harganya akan meningkat tajam, hal ini dikarenakan harga tanah yang semakin mahal.

Hal ini memaksa kalian untuk sedini mungkin membeli rumah yang ditawarkan vendor jika sekiranya vendor tersebut terlihat meyakinkan.

Namun, perlu kalian perhatikan jika memilih vendor harus lah teliti dan tak boleh asal, karena dengan memilih vendor yang asal dan tidak riset terlebih dahulu bisa jadi desain denah yang sudah kamu inginkan tidak sesuai ekspetasi dan itu akan membuat kalian kecewa pastinya.

Nah, itu dia sedikit penjelasan mengenai Rumah Minimalis yang bisa kalian jadikan referensi. Semoga artikel ini membantu kalian yang sedang mencari hunian.

Pos terkait

BACA JUGA