Mengapa Gunung Everest Kini Tiba-tiba Jadi Lebih Tinggi?

Gunung tertinggi di dunia, Gunung Everest saat ini lebih tinggi 86 centimeter dari yang tercatat sebelumnya (Foto: Aljazeera/AP)
Gunung tertinggi di dunia, Gunung Everest saat ini lebih tinggi 86 centimeter dari yang tercatat sebelumnya (Foto: Aljazeera/AP)

123berita.com – Gunung tertinggi di dunia, Gunung Everest saat ini lebih tinggi 86 centimeter dari yang tercatat sebelumnya. China dan Nepal telah sepakat mengenai standar penentuan ketinggian untuk Gunung Everest yang melintasi perbatasan mereka.

Meski kedengarannya sudah pasti, namun perubahan geologis, rumitnya standar dalam pengukuran gunung, serta berbagai kriteria untuk menentukan puncak tertinggi kemungkinan besar masih akan menyisakan pertanyaan.

Ketinggian gunung bisa saja berubah. Pergerakan lempeng tektonik dapat mengangkatnya secara bertahap, sementara gempa bumi dapat menurunkannya.

Alam, menurut salah seorang anggota tim surveyor Tiongkok yang mengukur ketinggian Everest awal tahun ini, Dang Yamin, dapat membantu mempertahankan tingkat stabilitas dari waktu ke waktu.

“Alam cenderung mencapai keseimbangan,” katanya kepada kantor berita resmi Xinhua.

Sebagai contoh, Dang mengutip gempa bumi besar pada 1934 yang memengaruhi peningkatan ketinggian.

Ada lebih dari satu cara untuk mengukur ketinggian gunung. Tahun lalu, tim surveyor Nepal menyiapkan penanda navigasi satelit di puncak Everest untuk mengukur posisinya dengan tepat melalui satelit GPS.

Sementara tim surveyor dari Tiongkok juga melakukan misi serupa beberapa waktu lalu. Mereka menggunakan konstelasi satelit navigasi BeiDou buatan dalam negeri, didukung dengan peralatan lainnya.

BACA JUGA