7 Manfaat dan Khasiat Daun Sambiloto Meskipun Rasanya Pahit !

123Berita.com, 7 Manfaat dan Khasiat Daun Sambiloto Meskipun Rasanya Pahit ! – Siapa yang tak kenal dengan daun sambiloto ? Ternyata dibalik rasanya yang teramat sangat pahit tersimpan beberapa manfaat dan khasiat. Nama latin dari daun ini adalah Androgaphis Paniculata Ness. Umumnya daun-daun ini sangat mudah sekali ditemukan negara-negara Asia Tenggara seperti Indonesia.

Sejarah dan Mengenal Lebih Jauh Daun Sambiloto

Daun Sambiloto masuk dalam keluarga Acanthaceae dimana sejak tahun 1900 an memang sudah digunakan sebagai bahan obat. Di tahun yang sama, ternyata daun ini sudah digunakan sebagai obat untuk flu maupun demam.

Baca Juga:  Bukan Scuba & Buff, Ini Jenis Masker Buat Lawan Covid-19 dari WHO

Selain mampu mengobati flu dan juga demam, daun ini ternyata mampu meningkatkan kekebalan tubuh, jadi dengan meningkatnya kekebalan tubuh orang yang mengkonsumsi Daun Sambiloto tak akan mudah jatuh sakit.

Manfaat dan Khasiat Daun Sambiloto

Selain meningkatkan kekebalan tubuh, ada beberapa manfaat dan juga khasiat yang harus teman-teman ketahui dari mengkonsumsi daun sambiloto.

1. Mampu Meredakan Panas Dalam

Yang pertama yakni mampu meredakan panas dalam. Di jaman sekarang, banyak sekali orang-orang yang lebih memilih mengkonsumsi daun sambiloto, selain mengobati secara alami, mengkonsumsi daun ini juga sangatlah dianjurkan di dunia kesehatan.

Baca Juga:  Kasus Covid-19 Terus Meningkat di Banyak Negara, Ini yang Dilakukan RI

2. Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Banyak sekali yang bilang jika sambiloto mampu menghambat bahkan menghentikan pertumbuhan sel kanker. Sel kanker yang dimaksud disini adalah kanker prostat, payudara, usus, hepatoma, dan juga melanoma.

3. Dalam Mengobati ISPA

Dalam penelitian yang dilakukan sekitar tahun 2017, ternyata daun sambiloto mampu mengatasi infeksi saluran pernafasan atau bahasa dokternya ISPA. Sambiloto sangat dianjurkan di dunia kesehatan untuk mengatasi ISPA dibandingkan tanaman herbal lainnya.

4. Meredakan Sklerosis

Sklerosis adalah penyakit saat sistem kekebalan tubuh menggerogoti lapisan pelindung saraf. Ternyata mengkonsumsi Daun Sambiloto dua kali sehari mampu meredakan bahkan mengatasi penyakit sklerosis.

Baca Juga:  Konsorsium Riset: Belum Ada Obat Spesifik untuk Covid-19

5. Mampu Meredakan Nyeri Pada Tubuh

Manfaat kelima dari Daun Sambiloto yakni mampu meredakan nyeri pada tubuh teman-teman. Sangat dianjurkan sekali bagi teman-teman yang sering sekali nyeri pada tubuh untuk mengkonsumsi daun ini.

6. Memperlancar Saluran Pencernaan

Banyak yang meyakini jika Daun Sambiloto mampu memperlancar saluran pencernaan, hal ini diperkuat di dunia kesehatan atau medis jika daun yang memiliki nama latin Androgaphis Paniculata Ness ini mampu mengatasi diare.

7. Mampu Mengobati Flu dan Juga Demam

Manfaat dan khasiat Daun Sambiloto yang terakhir yakni mampu mengobati penyakit flu dan juga demam. Seperti yang saya katakan diatas, selain mampu mengatasi dua penyakit tersebut, daun ini juga mampu meningkatkan kekebalan tubuh, jadi bagi teman-teman yang sekiranya kekebalan tubuhnya lemah mulai sekarang bisa mengkonsumsi daun sambiloto.

Nah itu dia teman-teman manfaat dan khasiat dari Sambiloto, sebenarnya masih banyak lagi. Semoga artikel ini bisa membantu teman-teman dan lebih mengetahui tentang daun ini.

author