√ Keunggulan dan Kekurangan HP Oppo A83

123berita.com, Keunggulan dan Kekurangan HP Oppo A83 – Smartphone alias ponsel pintar di era sekarang tak bisa lepas dari aktivitas keseharian. Bahkan, keberadaan smartphone tak bisa dipungkiri telah menjadi penunjang rutinitas kerja. Salah satu brand ponsel pintar cukup populer, yakni Oppo.

Banyak seri Oppo telah dirilis di pasaran, salah satunya Oppo A83. Produk ini sudah diluncurkan beberapa waktu lalu dan terbilang cukup laris manis diserbu konsumen. Secara umum, fitur A83 tak beda jauh dari Oppo F5 dengan harga lebih terjangkau, yakni Rp2,9 juta. Itulah mengapa ponsel ini bisa menjadi pertimbangan kamu jika ingin memiliki handphone murah dengan fitur oke.

BACA JUGA:

Harga Terbaru dan Termurah Ponsel Oppo Bulan Ini

Berikut kami sajikan beberapa kelebihan dan kekurangan Oppo A83 dirangkum dari berbagai sumber.

 

Keunggulan Oppo A83

 
  • Face Unlock
Face Unlock Oppo A83
Face Unlock Oppo A83

Oppo A83 sebagaimana F5 juga hadir dengan fitur face unlock. Fitur ini disematkan sebagai opsi sistem keamanan yang memungkinkan kamu membuka kunci hanya dengan mengarahkan kamera depan ke wajah. Istimewanya, fitur face unlock A83 dapat bekerja akurat dan cepat, kendati dioperasikan dalam kondisi cahaya agak temaram.

  • Baterai Tahan Lama

Dipersenjatai baterai berkapasitas 3180 mAh dan resolusi layar HD+, Oppo A83 mampu memberikan daya tahan cukup lama. Jika digunakan dalam pemakaian normal, ponsel pintar ini kuat menyala sejak pagi hingga malam hari.

  • Kamera Selfie dengan AI Beauty
AI Beauty Oppo A83
AI Beauty Oppo A83

Soal kamera jangan khawatir, Oppo A83 bisa dibilang jagoannya. Dibekali fitur AI Beauty, teknologi pendukung kamera selfie ini secara cerdas akan mengenali jenis kulit, warna, jenis kelamin, usia, serta kondisi cahaya saat kamu memotret. Bukan itu saja, kamera ponsel ini juga dapat memindai lebih dari 200 titik wajah dan mengenali setiap keunikan detail wajah. Dengan dukungan AI Beauty, praktis kamera depan Oppo A83 mampu menghasilkan foto selfie yang baik di kelasnya.

  • Performa Mumpuni di Kelasnya

Oppo A83 meski dibanderol dengan harga cenderung miring, namun soal performa tak perlu diragukan. Oppo tetap menyematkan SoC yang sama seperti seri F5, yakni MediaTek Helio P23. Melengkapi ketangguhannya, A83 didukung RAM 3 GB dan memori internal 32 GB. Perangkat ini sudah mencukupi untuk mendukung kegiatan sehari-hari, termasuk gaming.

 

Kekurangan Oppo A83

 
  • Posisi Speaker Kurang Ideal

Penikmat audio sepertinya akan kurang nyaman dengan urusan speaker A83. Oppo menempatkan speaker-nya pada posisi yang kurang ideal dan kerap kali tertutup jari sendiri, apalagi saat dipakai main game. Salah satu solusinya, yakni dengan memasang headset.

  • Tanpa Fast Charging
Tanpa VOOC Oppo A83
Tanpa VOOC Oppo A83

Seperti dilansir GSMArena, Oppo A83 sama seperti seri F5 tidak memiliki fitur fast charging alias pengisian daya cepat khas Oppo VOOC Flash Charge. Durasi pengisian daya Oppo A83 dari kosong sampai penuh makan waktu hingga tiga jam. Jelas ini terbilang lumayan lama untuk ukuran smartphone berkemampuan mumpuni di kelasnya.

  • Tidak Ada Sensor Sidik Jari

Fitur face unlock meski telah disematikan Oppo pada seri A83, namun keberadaan sensor sidik jari tak bisa dipungkiri sulit tergantikan. Cukup disayangkan memang sebab ada kalanya pada kondisi face unlock tak dapat bekerja dengan baik, misalnya ketika berada di tempat gelap.

Nah itu dia beberapa keunggulan dan kekurangan dari ponsel keluaran Oppo, A83. Semoga bisa menjadi referensi bagi teman-teman yang ingin membeli smartphone ini. Untuk melihat spesifikasi tentang ponsel ini dan beberapa ponsel Oppo lainnya bisa klik link dibawah ini.

author