IPO, Saham Agensi BTS Langsung Melejit 30%

123berita.com – Perusahaan agensi yang manaungi boy band populer Korea Selatan (Korsel), BTS, telah mencetak sukses besar di pasar saham negara itu setelah sahamnya berlipat ganda pada hari pertama perdagangan mereka.

Investor bergegas membeli saham Big Hit Entertainment di tengah spekulasi pemerintah Korea Selatan mengizinkan K-pop dan selebriti lainnya untuk menunda wajib militer mereka. Alasannya karena para pelaku seni itu punya kontribusi besar terhadap ekonomi negara dan reputasi internasional.

Melansir The Guardian, Kamis (15/10/2020), saham Big Hit Entertainment mulai beredar di pasar Seoul dengan harga 270 ribu won (US$253), dibandingkan dengan harga penawaran umum perdana (IPO) sebesar 135 ribu won bulan lalu. Saham naik sebanyak 30 persen menjadi 351 ribu won, dibandingkan dengan penurunan 0,3 persen secara keseluruhan pada indeks acuan Kospi.

Perusahaan ini sekarang bernilai hampir 10 triliun won (US$8.5bn), menempatkan Big Hit Entertainment masuk dalam jajaran 10 debut teratas sepanjang masa di pasar saham Korea Selatan.

author
Journalist & Content Writer