Cara Ganti Plat 5 Tahunan di Bandung

Cara Ganti Plat 5 Tahunan di Bandung
Cara Ganti Plat 5 Tahunan di Bandung

123Berita.com, Cara Ganti Plat 5 Tahunan di Bandung – Setiap pemilik kendaraan baik itu motor maupun mobil setiap tahunnya di wajibkan memperpanjang STNK, hal itu juga berlaku setiap 5 tahun dimana pemilik motor dan mobil diwajibkan memperpanjang STNK sekaligus mengganti plat nomor.

Terkadang, masih banyak orang yang meremehkan soal ganti plat dan perpanjang STNK, ingat motor selain perlu dirawat atau diservis juga perlu yang namanya perpanjang dan ganti plat jika waktunya tiba.

oleh karena itu, pengguna motor atau mobil yang baik. Disarankan agar mengganti plat motor yang biasanya dilakukan 5 tahun sekali dengan cara Rutin. Untuk step by step penggantian plat nomor, caranya pun terbilang cukup mudah sekali, bahkan anda juga bisa mengganti plat nomor tersebut dengan plat nomor cantik sesuai keinginan anda.

Untuk mengganti plat nomor menjadi nomor cantik, anda perlu mengeluarkan budget yang mahal dibanding plat nomor biasanya, adapun untuk ganti plat nomor ada beberapa cara yang mesti dan harus dipahami seperti salah satunya yakni cek fisik dimana cek fisik disini adalah pengecekan nomor mesin dan juga nomor rangka motor.

Seperti yang sudah saya katakan diatas, untuk melakukan proses penggantian plat nomor yang biasanya dilakukan 5 tahun sekali. Ada beberapa syarat yang mesti anda ketahui dan berikut ini beberapa cara mengganti plat nomor di tahun 2021 khususnya Kota Bandung.

Cara Mengganti Plat Nomor Untuk Wilayah Bandung

  • Pendaftaran

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk mengganti plat nomor yakni lakukan pendaftaran di Samsat wilayah Bandung. Biasanya dalam melakukan pendaftaran, anda akan dimintai beberapa dokumen seperti STNK dan BPKB.

  • Cek Fisik Motor

Setelah melakukan pendaftaran, hal kedua yang akan dilakukan ketika datang ke samsat Bandung adalah cek fisik motor. Di cara kedua, saya sarankan untuk memasang beberapa seperti spion lengkap, ban ori dan knalpot ori, jadi harus ori bawaan pabrik jangan modifikasi.

  • Legalisir dan Isi Formulir

Setelah selesai cek fisik, selanjutnya yakni menyerahkan hasil cek fisik motor ke bagian legalisir dan selanjutnya anda akan disuruh mengisi formulir yang sudah disediakan.

  • Pembayaran dan Pengambilan STNK

Setelah langkah diatas sudah dilalui, hal terakhir yakni melakukan pembayaran dan pengambilan STNK di loket yang sudah disediakan.

Nah itu dia cara ganti plat nomor yang bisa kalian jadikan referensi dan jangan lupa baca juga tentang surat kuasa pengambilan stnk yang bisa kalian simak dengan klik link tersebut.

BACA JUGA