3 Nuansa Makam San Diego Hills

123Berita.com – San Diego Hills merupakan kompleks pemakaman mewah yang terletak di Karawang, Jawa Barat. Tempat pemakaman ini menggunakan konsep forest lawn sehingga San Diego Hills terlihat seperti taman dengan dikelilingi oleh pepohonan yang rindang dan lahan yang ditumbuhi rerumputan yang hijau. Tidak terlihat seperti tempat pemakaman pada umumnya.

San Diego Hills Memorial Parks and Funeral Homes didirikan pada tahun 2007 oleh Mochtar Riady, pendiri Lippo Group. Pemilik San Diego Hills memang berhasil menghadirkan tempat pemakaman mewah untuk yang membutuhkan. Seluruh lahan makam San Diego Hills merupakan milik Lippo Group yang sudah mendapatkan izin dari pemerintah daerah sebagai area pemakaman komersil.

Lokasi San Diego Hills

SanDiegoHill terletak di Karawang, Jawa Barat tepatnya di Km.46, Exit Tol Karawang Barat2, Margakaya, Kec. Telukjambe Bar., Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Lokasi San Diego Hills juga strategis sehingga mudah dikunjungi. Bahkan sudah terdapat papan penunjuk jalan ke lokasi San Diego Hills yang akan memandu anda datang ke San Diego Hills.

Bukan hanya sebagai tempat pemakaman, di lokasi San Diego Hills juga sering dikunjungi sebagai tempat wisata karena banyaknya berbagai fasilitas yang lengkap dan layanan yang berkualitas seperti kolam renang, musholla, taman pemakaman eksklusif, danau seluas 8 Ha, jogging track, restoran Italia, kapel, padang rumput asri untuk aktivitas outdoor, hingga gedung serbaguna berkapasitas 250 orang.

Bahkan saat ini sudah banyak yang melangsungkan pernikahan atau acara formal maupun non-formal di area San Diego Hills. Hal ini memang sudah lazim dilakukan melihat dari keindahan area San Diego Hills yang ditawarkan termasuk fasilitasnya yang lengkap.

Nuansa Makam San Diego Hills

Indonesia memiliki berbagai macam agama dan suku di mana untuk mengantar dan mengenang orang-orang yang telah berpulang harus dilakukan dengan cara yang benar sesuai dengan aturan dan kaidah pada agama masing-masing yang dianut. Untuk itulah San Diego Hills merancang tempat pemakaman yang sudah disesuaikan dengan agama dan tradisi yang dianut di Indonesia.

San Diego Hills membangun area pemakaman dengan nuansa sesuai dengan agama tanpa mengurangi kedalaman nilai-nilai spiritual. Untuk area pemakaman San Diego Hills terbagi menjadi 3 area besar sesuai dengan nuansanya yaitu Garden of Prosperity and Joy. Five Pillars Garden, dan Universal Garden.

  • Garden of Prosperity and Joy

Garden of Prosperity and Joy atau juga disebut Bai Fu Le Yuan merupakan makam bernuansa chinese milik San Diego Hills. Garden of Prosperity and Joy menghadirkan konsep arsitektur yang didesain oleh Mr. Cui Xue Sen, desainer dan landscaper terkemuka dari Shanghai. Di area ini terdapat simbolisasi sejarah, kebudayaan, dan kepercayaan masyarakat Tionghoa.

Area pemakaman tentu tidak dibangun secara sembarangan karena sudah dirancang sesuai dengan perhitungan lokasi terbaiknya dan juga alam yang harmonis di sekitarnya. Semua rancangan ini sudah berdasarkan kaidah Fengshui.

Di area Garden of Prosperity and Joy juga sudah dilengkapi dengan tempat ibadah atau sembahyang, tempat berhikmat sebagai tempat peringatan atau tempat rehat bagi keluarga yang telah ditinggalkan. Dengan ini bisa berdoa dan bersembahyang di area pemakaman dengan tenang dan nyaman. Kawasan Bai Fu Le Yuan memiliki tujuh keindahan dengan daya tarik yang luar biasa yaitu :

  • Bridge of Eternity : jembatan bergaya Tiongkok yang membentang di atas danau. Jembatan ini seolah menjadi penghubung ke kehidupan yang abadi, damai, dan bahagia untuk mencapai kehidupan yang lebih indah.
  • Remembrance Hall : bukan hanya tempat pemakaman di tanah saja, Garden of Prosperity and Joy juga memilik tempat penyimpanan Columbarium yang megah dan agung.
  • Mountain of Life : Mountain of Life memberikan arti yaitu air sebagai sumber kehidupan bahkan dapat memberikan suasana yang lebih segar dan alami di sekitar area.
  • Pavilion of Blessings : di sekitar area juga terdapat pavilion yang dapat digunakan oleh keluarga untuk beristirahat.
  • Bridge of Nine Virtues : terdapat jembatan sembilan liku yang yang dirancang dengan tujuan untuk menggambarkan 9 kebaikan yaitu kebijaksanaan, cinta, harapan, integritas, ketekunan, kepercayaan, sikap moderat, keberanian, dan keadilan.
  • Sky Deck : Sky Deck merupakan salah satu dataran tertinggi dengan konsep terbuka dibandingkan area lainnya di Garden of Prosperity and Joy.
  • Mountain Gate : gerbang megah yang kokoh dan anggun.

Jika dilihat area San Diego Hills ini memiliki bentuk seperti kelelawar raksasa yang seperti melindungi area ini. Di makam bernuansa chinese ini memiliki luas 25 Ha yang terdiri dari 5 mansion yaitu Jade Mansion, Island Estate, Peony Mansion, Pearl Mansion, Diamond Mansion.

  • Five Pillars Garden

Five Pillars Garden merupakan makam bernuansa Islam milik San Diego Hills. Konsep yang diadopsi yaitu konsep 5 rukun Islam dengan luas pemakaman 25 Ha. Arsitektur ini dirancang oleh profesor dari Glasgow University yaitu Dr Mona Siddiqui yang mengambil jurusan Islamic Studies and Public Understanding dan konsultan landscape dari Skotlandia yaitu Janet Benton.

Seluruh makam di area Five Pillars Garden sudah dirancang berdasarkan aturan dan kaidah Islam yang sudah didiskusikan dengan pemuka agama Islam untuk penentuan arah kiblat dan cara penguburan dalam agama Islam. 5 area Five Pillars Garden yaitu :

  • Unity Garden (Rukun Islam: Syahadat).

Filosofi dalam rukun Islam Syahadat digambarkan pada desain jalanan di perbukitan yang memiliki bentuk lingkaran spiral yang melambangkan satu kesatuan dalam kekuasaan Allah di alam semesta. Saat ini terdapat Wisdom Mansion di area ini.

  • Prayer Garden (Rukun Islam 2: Sholat).

Filosofi dalam rukun Islam Sholat di area ini terinspirasi dari kewajiban umat Islam yaitu mendirikan sholat 5 waktu. Terdapat 3 mansion yaitu Guiding Light Mansion, Midday Mansion, dan Before Dawn Mansion.

  • Fasting Garden (Rukun Islam 3: Puasa).

Di area ini terdapat desain landscape yang menggunakan tanamam subur yang berdampingan dengan tanaman gersang sebagai maksa puasa yang hidup dalam keserhanaan.

  • Benefaction Garden (Rukun Islam 4: Zakat).

Dalam melambangkan arti berbagi, di area ini terdapat air terjun yang mengalirkan air ke seluruh area sebagai arti “berbagi”. Di area ini juga terdapat 2 mansion yaitu Fitrah Mansion dan Charity Mansion.

  • Pilgrimage Garden (Rukun Islam 5: Haji).

Sebagai simbol “oasis” dalam perjalanan Haji terdapat Pilgrimage Pavilion di area ini serta tanaman gersang yang menggambarkan perjalanan melalui gurun pasir.

  • Universal Garden

Pdt. Hendra G, Mulia, Mth merupakan advisor yang merancang simbolisasi dalam area ini. Makam universal menghadirkan simbolisasi Penciptaan Dunia hingga ajaran kasih dan pertobatan melalui Yesus Kristus untuk masuk ke “New Eden”.

Di area San Diego Hills bernuansa universal terdiri dari dua bagian yaitu Garden of Faith, Hope, and Love dan Garden of Creation. Garden of Faith, Hope, and Love terdiri dari 2 mansion yaitu Adoration Mansion dan Gentleness Mansion sedangkan Garden of Creation terdiri dari 7 mansion yaitu Seagull, Crown, Moonbeam, Sabbath, Sovereignty, Hummingbird, dan Peacefulness.

author