Sony Resmi Perkenalkan PS5, Ini Penampakan dan Spesifikasinya

123berita.com – Kamu penggemar gim? Pasti sudah nggak asing lagi dengan Playstation (PS) donk? Ya, brand populer kecintaan para penyuka gim itu terus berinovasi menghadirkan sesuatu yang baru.

Bagi yang sudah menunggu-nunggu produk anyarnya kini bisa bernapas lega. Pihak perusahaan akhirnya resmi memperkenalkan produk PS5 (PlayStation 5) hari ini, Jumat (12/06/2020). Secara penampilan, konsol gim PS5 dirancang dengan posisi berdiri secara vertikal seperti Xbox Series X.

Menariknya lagi, generasi bungsu PlayStation itu hadir dalam dua varian perangkat, yakni 4K Blu-ray dan Digital Edition. Sekilas produk 4K Blu-ray tampak jauh lebih tipis ketimbang varian Digital Edition lantaran perusahaan tidak menyematkan drive (hard disk).

Melansir The Verge, sejauh ini Sony belum merilis daftar harga, termasuk mengungkap kapan pastinya produk PS5 mulai ada di pasaran.

PS5 memang hadir dengan tampilan kekinian. Soal desain, seperti halnya Xbox Series, produk teranyar PlayStation ini didesain dengan posisi vertikal. Jika ditengok pada bagian bodi atas, Sony mencoba menempatkan ventilasi khusus. Adapun fungsinya untuk pembuangan panas, berdampingan dengan USB-A dan USB-C.

Sebagai perangkat gim modern, PS5 juga dibekali beberapa aksesori khusus, seperti DualSense, kamera beresolusi HD, headset wireless Pulse 3D, dan sebuah remote.

Adapun untuk DualSense, seperti pengontrol DualShock, D-pad dan tombol akan tetap berada di bagian atas pengontrol, sedangkan dua stik analognya ditempatkan di bagian bawah. Pada DualSense juga disematkan touchpad yang dipasang di tengah dan bilah lampu didesain ulang, berada di setiap sisi touchpad

.

Sementara untuk dapur pacunya, PS5 ditenagai CPU AMD Zen 2 core delapan dan GPU AMD RDNA 2. Sebelumnya, pada Maret 2020 lalu, Sony sempat mengumumkan mereka akan menyematkan cip AMD khusus dengan daya 10,28 teraflops menggunakan frekuensi variabel pada CPU dan GPU.

Pada perangkat anyarnya ini, Sony cenderung menggunakan solusi SSD eksklusif guna meningkatkan waktu pemuatan gim. SSD akan menyediakan penyimpanan 852GB dan kinerja sampai 5,5GB. Perusahaan mengharuskan semua gim dipasang ke SSD internal agar cepat terbaca langsung oleh sistem.

Epic Games, salah satu perusahaan pengembang gim, beberapa waktu lalu sempat menunjukkan demonstrasi teknologi Unreal 5 yang berjalan cukup mengesankan saat dipasang di PS5. Mereka memperlihatkan pemuatan gim hingga resolusi 8K dan efek pencahayaan dinamis.

Bukan saja mendukung resolusi 8K, PS5 juga mendukung grafik 4K pada kecepatan refresh 120Hz dan audio 3D. Menariknya lagi, menurut Sony, PS5 juga akan didukung lebih dari 4000 judul, termasuk jajaran gim yang ada di PlayStation 4.

“Kami mengharapkan judul yang kompatibel akan berjalan pada frekuensi yang ditingkatkan pada PS5. Dengan begitu, mereka dapat memperoleh manfaat dari frame rate yang lebih tinggi, stabil, dan resolusi tinggi,” ungkap perusahaan.

Seperti dilansir CNBC, beberapa gim PS5 akan bermunculan mulai tahun ini hingga 2021 mendatang.

author
Journalist & Content Writer