Mengenal Kusen Aluminium dan uPVC, Manakah Yang Lebih Baik ?

123Berita.com – uPVC merupakan produk dari Kusen yang bernama PVC. Kusen ini pada umumnya dipakai untuk kebutuhan dalam ruangan atau yang biasa kita kenal dengan indoor, hal ini dikarenakan PVC kurang kuat dan mudah patah. Tapi berbeda halnya dengan uPVC, selain PVC ada juga uPVC dimana material ini merupakan singkatan dari Unplasticized Poly Vynil Chloride yang berarti sebuah material turunan plastik, yang sifat plastiknya diminimalisasi sehingga wujudnya jadi keras (Berkurang kelenturannya).

Bagian dalam kusen uPVC diberi rangka maka kusen ini lebih kokoh dan berat. Rangka tersebut terbuat dari baja, tapi ada pula yang dari besi galvanis. Perbedaan rangka inilah yang menyebabkan harga uPVC berbeda-beda. uPVC yang berprofil baja tentu harganya lebih mahal seandainya di bandingkan dengan yang memakai besi galvanis.

Dari sudut kemampuan sulit membandingkan antara Kusen Alumunium dan Kusen uPVC, sebab masing-masing anti rayap, tahan pada air dan cuaca, sealin itu juga minim perawatan. Biarpun terbuat dari logam, Kusen Alumunium yang memiliki kualitas baik mampu bertahan dan tidak akan mengalami korosi, begitupun uPVC karena terbuat dari turunan plastik dan jelas terbebas dari yang namanya korosi.

Sangat sulit sekali jika harus membandingkan antara kusen Aluminium dan kusen uPVC. Tetapi untuk tambahan kalian saja bahwa sambungan sisi Aluminium umumnya hanya memanfaatkan sekrup sehingga akan mudah terlepas dan juga memuai. Akibat dari hal tersebut, kaca yang dipegang kusen akan mudah terlepas, meskipun tidak jarang juga dari sambungan ini air dapat merembes masuk.

Sementara itu untuk uPVC disambung langsung di pabrik dengan menggunakan teknik pembakaran/pemanasan sehingga akan lebih kuat dan lebih tahan bocor. Jika kalian tahu, kusen yang terbuat dari plastik uPVC yang dilapisi dengan bahan fire retardant mampu memperlambat laju api.

Bagaimana soal harga? Dibanding dengan uPVC, aluminium harganya lebih murah, tetapi ia tidak bisa dibentuk jadi bermacam-macam bentuk karena sifatnya yang kaku. Berbeda halnya dengan uPVC yang bisa dibuat lengkung bahkan melingkar.

Maka dari itu solusi paling baik gunakanlah kusen uPVC karena Kusen uPVC ini memiliki keunggulan dan sedang trend di dunia saat ini.

Namun, tahukah kalian jika ada tempat rekomendasik dari kamu jika ingin membeli jendela uPVC dan juga pintu uPVC. Langsung saja kunjungi upvcjendela.com.

author