Macam Macam Teknik Pengelasan dan Fungsinya

Macam Macam Teknik Pengelasan dan Fungsinya
Macam Macam Teknik Pengelasan dan Fungsinya

123Berita.com – Di dunia pengelasan ternyata ada beberapa macam teknik yang harus diketahui, selain beberapa macamnya juga harus mengetahui fungsi dari teknik yang akan kita gunakan tersebut karena setiap teknik memiliki kegunaan yang berbeda.

Macam Macam Teknik Pengelasan dan Fungsinya
Macam Macam Teknik Pengelasan dan Fungsinya

Sebelum saya memberikan kepada kalian beberapa macam teknik pengelasan dan fungsinya, disini saya ingin menjelaskan apa itu las. Menurut wikipedia, las adalah menyambung dua bagian logam atau lebih dengan menggunakan energi panas.

Nah itu dia sedikit penjelasan mengenai apa itu las dan berikut ini akan saya berikan kepada kalian macam-macam teknik dari pengelasan tak lupa juga beserta fungsinya.

Macam-Macam Teknik Pengelasan dan Fungsi

1. Pengelasan Gas

Yang pertama ada pengelasan gas. Menurut pengertiannya dimana pengelasan yang satu ini sumber panasnya berasal dari pembakaran gas oleh karenanya dinamakan pengelasan gas.

Teknik yang satu ini biasanya digunakan untuk memotong logam dan juga brazing.

2. Pengelasan Busur Plastik

Yang kedua ada pengelasan busur plastik. Teknik yang satu ini paling banyak digunakan di dunia industri, hal ini dikarenakan praktis, murah, efisien dan memilki hasil sambungan yang cukup berkualitas alias rapi. Jadi tak heran jika semua perusahaan industri menggunakan pengelasan busur plastik.

Biasanya pengelasan busur plastik digunakan untuk SMAW (Shielded Metal Arc Welding), GMAW (Gas Metal Arc Welding), GTAW (Gas Tungsten Arc Welding) dan masih banyak lagi.

3. Pengelasan Resistansi Tinggi

Yang ketiga ada pengelasan resistansi tinggi dimana teknik ini adalah proses pengelasan yang banyak di aplikasikan pada industri produksi massal. Biasanya teknik yang satu ini digunakan untuk pengelasan spot welding dan seam welding.

4. Solid State Welding

Yang keempat ada solid state welding atau dalam bahasa Indonesia berarti Pengelasan Fase Padat. Untuk teknik yang satu ini hampir mirip dengan pengelasan resistansi litrik, namun bedanya teknik yang satu ini sepenuhnya menggunakan energi mekanik tanpa menggunakan energi listrik, itu hal yang membedakan antara keduanya.

5. Pengelasan Termokimia

Yang terakhir ada teknik pengelasan termokimia atau bahasa lainnya adalah Termochemical Welding. Teknik yang satu ini merupakan pengelasan menggunakan reaksi kimia sebagai sumber panas.

Fungsi dari pengelasan termokimi sendiri yakni untuk aluminothermic atau thermite welding.

Nah itu dia lima teknik pengelasan beserta fungsinya, oleh karena itu mohon bedakan dan jangan ngasal karena setiap teknik pasti ada kegunaannya masing-masing.

Semoga artikel yang saya berikan kepada kalian membantu dan bisa jadi referensi.

BACA JUGA