Demi Keluarga, Wanita Ini Panjat 60 Pohon Pinang Sehari

123berita.com – Perjuangan hidup yang harus dilalui Siti Hajar tidaklah mudah. Wanita 35 tahun ini harus rela bertaruh nyawa memanjat sedikitnya 60 batang pohon pinang setiap hari demi menghidupi keluarganya.

“Pagi ini saya sedang kurang sehat, paha saya lecet dan lebam setelah kemarin memanjat pinang,” tutur Siti Hajar, dilansir dari BBC News Indonesia, Minggu (12/04/2020).

Siti Hajar dan keluarganya tinggal di pedalaman Desa Paloh Mampree, Kecamatan Peusangan Siblah Krueng, Aceh. Ia merupakan orang tua tunggal dengan dua orang anak. Pekerjaannya sebagai pemanjat pinang tergolong berbahaya dan mengancam keselamatan. Tinggi pohon pinang yang ia panjat mencapai delapan hingga 12 meter per pohon.

“Selain dua orang anak, ada juga ibu dan abang yang hidup bersama dengan saya. Penghasilan dari memanjat pinang untuk membeli kopi, beras, ikan, dan untuk jajan sekolah anak,” katanya.

Dalam satu hari, Siti mampu memanjat sebanyak 60 batang pohon pinang dengan honor Rp2000 per pohon.

“Biasanya ada orang yang menelepon menyuruh naik pinang, kemudian pinang saya bawa ke pembeli, dari hasil tersebut baru saya mendapatkan upah,” jelas Siti.

BACA JUGA