Contoh Surat Lamaran Kerja, Cocok Untuk Anda yang Masih Pemula!

123Berita.com – Bagi pemula, contoh surat lamaran kerja penting. Karena dari sini surat lamaran kerja yang baik akan hadir. Tapi, apa yang perlu diperhatikan dalam membuatnya?

tips membuat surat lamaran kerja

Setelah lulus dari sekolah atau kuliah, setiap orang ingin mendapatkan pekerjaan. Namun apapun pekerjaannya, kini dibutuhkan surat lamaran kerja sebagai permohonan pada perusahaan. Sayangnya, bagi fresh graduate membuat sebuah surat lamaran tidaklah mudah. Para pemula membutuhkan contoh surat lamaran kerja sebagai referensi untuk membuat surat yang baik. Apakah anda merasakan hal yang sama? Jika demikian, penting untuk menemukan surat lamaran yang tepat.

Sebenarnya kini, anda bisa dengan mudah menemukan surat lamaran kerja yang tepat melalui internet. Namun, tidak seluruh penyedia informasi menjelaskan trik penting dalam membuat surat lamaran. Akibatnya, surat lamaran tidak menarik dan membuat pelamar tidak diterima oleh perusahaan. Lantas, apa saja trik yang harus dipahami dalam membuat surat lamaran kerja?

Tips Membuat Surat Lamaran Kerja

Surat lamaran kerja yang dibuat harus maksimal agar dapat diterima oleh perusahaan. Untuk itu, ikuti beberapa tips ini agar surat yang dibuat dapat memberikan hasil yang diinginkan,

Format

Bagian awal yang harus diperhatikan adalah format dalam penulisan. Berbeda dengan penulisan surat pribadi, anda harus menuliskannya secara formal. Format yang ada dalam surat lamaran pun berbeda, di mana terdapat identitas, tanggal pembuatan, tanda tangan dan berkas lampiran. Semuanya disusun dengan rapi, sehingga memberikan penampilan yang berbeda.

Font Tulisan

Bagian ini hanya diperuntukkan bagi anda yang akan membuat surat lamaran dengan diketik. Font yang digunakan dalam membuat surat ini adalah font times new roman atau font lainnya. Namun jangan gunakan font yang tidak formal. Umumnya ukuran font yang digunakan adalah ukuran 11 atau 12. Pilihlah sekiranya yang cocok untuk dimanfaatkan.

Tulisan Tangan

Untuk anda yang ingin memberikan kesan berbeda dengan orang lain, dapat menuliskan surat dengan manual. Namun tulisan yang dibuat harus dapat dipahami oleh orang lain. Dalam hal ini, pelamar harus sadar dengan tulisannya. Jangan sampai memaksakan kehendak, jika tulisan tidak terlalu baik, sehingga membingungkan pembaca.

Nama Pimpinan

Bagian terakhir adalah perhatikan bagian tujuan dari surat. Bagian ini biasanya dituliskan dengan jabatan penerima surat. Namun alangkah lebih baik, jika anda menuliskan nama pembaca tersebut. Dari sini, dapat diketahui bahwa pelamar memiliki minat lebih pada perusahaan, sehingga perusahaan dapat memberikan kesempatan.

Contoh Surat Lamaran Kerja di Bank

Untuk anda yang akan melamar pekerjaan di sebuah bank, dapat menjadikan contoh ini sebagai referensi. Perhatikan secara seksama dan mulai praktikan pada surat yang dibuat,

Jakarta, 3 Oktober 2015

Hal          : Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth.

Pimpinan Sumber Daya Manusia

PT. Bank Nasional Indonesia (Persero) Tbk

Bpk. Wisnu Hadiatma

Wisma BNNI 45, Jl. Jend. Soedirman Kav.2

Jakarta Pusat

Salam hormat,

Sesuai dengan pembukaan lowongan pekerjaan dari PT. Bank Nasional Indonesia yang saya peroleh dari JOB FAIR JIXPO Kebayoran 2015. Saya berminat pada kesempatan yang sedang ditawarkan oleh perusahaan bapak. Untuk itu, saya mengajukan diri untuk bergabung menjadi staff administrasi di perusahaan ini.

Mengenai diri saya, dapat saya sampaikan sebagai berikut:

Nama                                    : Jonny Andreas

Tempat Tanggal Lahir     : Jakarta, 23 November 1991

Pendidikan Terakhir        : S1 Administrasi Publik

Alamat                                  : Jl. Sepanjang No. 12, Kebayoran, Jakarta Selatan

Nomor Telepon                                : 12522522222

Saya memiliki motivasi tinggi, kerja keras, teliti, tanggung jawab dan displin dalam bekerha. Latar belakang pendidikan saya memuaskan dan memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Saya terbiasa bekerja dengan menggunakan komputer, terutama mengoperasikan Microsoft Office.

Sebagai bahan pertimbangan perusahaan, saya lampirkan dokumen pendukung, sebagai berikut:

  1. Fotokopi Ijazah
  2. Foto Terbaru
  3. Fotokopi transkrip nilai
  4. Curriculum vitae

Saya berharap dapat diberikan kesempatan di tahapan wawancara, sehingga saya dapat menjelaskan secara lebih rinci tentang potensi diri terhadap pekerjaan.

Demikian surat ini saya sampaikan. Terima kasih atas perhatiannya.

Hormat saya,

Jonny Andreas

Tidak hanya untuk melamar pada bank, surat macam ini pun dapat dimanfaatkan untuk perusahaan ataupun instansi. Jadi, jangan terpaku pada judul bahwa contoh surat lamaran kerja di bank. Karena anda dapat memodifikasinya, sehingga sesuai dengan kebutuhan.

author