Belalang Anggrek, Serangga Tercantik di Dunia

Jika saya ditanya tetang serangga apa yang memiliki tubuh paling cantik, maka saya akan menjawab belalang anggrek. Salah satu jenis belalang yang memiliki nama latin Hymenopus coronatus ini, memiliki tubuh yang memiliki warna perpaduan merah muda, putih dan biru. Bentuk tubuhnya juga sangat unik, sekilas kita akan melihat bahwa ia memiliki tubuh yang sangat mirip dengan bunga anggrek. Karena keindahan warna tubuh yang ia miliki ini, binatang ini cukup populer untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan.

Walau memiliki tubuh yang sangat indah, serangga ini merupakan sebuah predator yang sangat buas. Biasanya mereka akan memangsa serangga-serangga yang sedang mencari nektar pada bunga. Dengan kemampuan belalang anggrek yang dapat menyamar sebagai bunga, mereka kemudian akan menjebak serangga lain yang mendekatinya.

Baca Juga:  Kaesang Pangarep di Blokir Olshop-Olshop Instagram ? Kok Bisa ?

Klasifikasi Belalang Anggrek

Belalang anggrek merupakan serangga yang masuk ke dalam ordo Mantodea. Ia masih merupakan salah satu serangga yang menjadi anggota kelompok belaang sembah. Secara lengkap, klasifikasi dari belalang anggrek adalah sebagai berikut :

Kelas : Insecta

Ordo : Mantodea

Famili : Hymenopidae

Subfamili : Hymenopodinae

Genus : Hymenopus

Spesies : Hymenopus coronatus

Morfologi Belalang Anggrek

Morfologi tubuh serangga ini sangat mirip dengan sebuah bunga yang sedang mekar. Hal itu dikarenakan bentuk kepala, kaki dan tubuhnya menyerupai sebuah kelopak bunga. Antara belalang anggrek jantan dan betina memiliki ukuran tubuh yang sangat berbeda jauh. Belalang betina dewasa panjang tubuhnya dapat mencapai 7 cm, sedangkan sang pejantan panjang tubuhnya hanya sekitar 2,5 cm. Karena perbedaan tubuh yang sangat jauh ini, sehabis melakukan perkawinan biasanya belalang anggrek jantan akan dimakan oleh sang betina.

Baca Juga:  Viral Video Poligami Dirut Bank Syariah di NTB, Ini Penjelasan KUA

Perbedaan lagi dari belalang anggrek jantan dan betina adalah pada jantan tubuhnya memiliki warna tubuh kurang bervariasi. Sayap pejantan berwarna putih, sedangkan tubuhnya berwarna merah madu hingga kea abu-abuan. Selain itu, pada serangga jantan tidak memiliki adanya lobus pada bagian kaki dan sayapnya. Tubuh serangga betina warnanya lebih bervariasi dan memiliki lobus berukuran besar pada kakinya. Di punggu belalang bertina juga ditemukan bercak-bercak hijau, sedangkan di pejantan tidak ditemukan adanya bercak.

Habitat

Serangga ini hidupnya di daerah semak-semak atau pepohonan kecil yang ada di daerah tropis. Ia menjadi salah satu serangga yang sangat terkenal di Malaysia. Banyak sekali peneliti dari mancanegara yang mendatangi negara persemakmuran Inggris tersebut untuk meneliti serangga ini. Serangga ini sebenarnya juga dapat ditemukan di Indonesia, khususnya di Pulau Kalimantan.

Baca Juga:  3 Nuansa Makam San Diego Hills

Hanya saja karena kurangnya pelestarian yang dilakukan, populasinya yang berada di nusatara sudah hampir terancam punah. Dengan tubuhnya yang seperti bunga, mereka akan berkamuflase sehingga ketika ada serangga penyerbuk yang mendekat, belalang anggrek akan menangkap dan memangsanya.

Perilaku berburu serangga predator ini dikenal sangat tenang, mereka akan menunggu mangsanya berada di posisi sangat dekat terlebih dahulu. Akan tetapi belalang anggrek jantan terkadang menjadi hiperaktif. Mereka sangat suka mencoba terbang, khususnya jika merasa terganggu.

author