Beberapa Keuntungan Dari Investasi Emas Yang Buat Kalian Penasaran

123Berita.com – Ada banyak cara yang dapat di tempuh untuk investasi. Apapun investasi itu, tujuannya tetaplah sama yaitu agar modal yang di pakai oleh investasi tersebut bisa berlipat ganda. Banyak orang yang ingin melakukan investasi karena banyak yang berfikiran investasi adalah cara tercepat untuk menggandakan harta mereka.

Nah sering kali orang orang ingin melakukan investasi emas atau logam mulia untuk melipat gandakan modal awal mereka. Bukan karena emas atau logam mulia banyak di cari orang, akan tetapi emas atau logam mulia terkenal dengan harganya yang sangat lumayan stabil.

Nah berikut ini adalah hal hal yang harus di perhatikan dan di pahami saat memulai investasi emas.

Baca Juga: Faktor Yang Mempengaruhi Harga Emas

1. Kenali dulu kenapa emas sangat berharga

Nah kali ini kalian harus paham kenapa sih kok emas sangat mahal dan berharga bagi orang ? Karena ada faktor faktor yang dapat menjadikan emas adalah logam mulia 

  • Kelangkaan

Emas termasuk sumber daya alam (SDA) yang tidak akan bisa di perbarui. Artinya emas di bumi akan semakin berkurang seiring berjalannya waktu. Memang emas bukan satu satunya mineral yang bisa kalian temukan di perut Bumi, tetapi jika di bandingkan dengan mineral jenis lainnya, emas adalah mineral yang paling langka. Hal ini juga sesuai dengan hukum pasar pada umumnya. Dimana benda yang semakin langka harganya akan semakin tinggi.

  • Emas dapat bertahan selamanya
Baca Juga:  Jangan Kehabisan! Naik 4 Kereta Api Ini Cukup Bayar Tiket Separuh Harga

Sifat emas yang paling di sukai banyak orang adalah logamnya yang sangat lembam. Lembam adalah emas tidak akan bisa berkarat. Sebagai contoh koin emas dikubur di bawah tanah selama puluhan bahkan ratusan tahun. Saat di temukan, maka bentuknya akan sama seperti saat uang koin baru saja di cetak.

  • Emas sama berharganya dengan uang

Sebelum kita mengenal yang namanya mata uang, alat tukar yang di gunakan pada jaman dahulu adalah emas atau logam mulia. Hal ini sudah terjadi sejak ribuan tahun yang lalu. Nilai uang akan terus berubah seiring berjalannya waktu. Hal ini juga berlaku dengan harga emas yang sewaktu waktu dapat berubah.

  • Emas tidak dapat dicetak oleh Pemerintah

Percetakan emas di setiap negara diatur oleh pemerintah. Akan tetapi tidak dengan emas. Jika pemerintah bisa menyelesaikan masalah ekonomi dengan mencetak lebih banyak uang kertas, emas tidak dapat di cetak oleh pemerintah.

2. Memulai investasi dengan membeli emas batangan.

Emas adalah logam mulia yang tidak hanya berharga, tetapi juga sangat indah di mata orang orang. Itulah alasan emas sangat banyak di produksi sebagai perhiasan yang bisa dipakai. 

Jika tetapi tujuan membeli emas adalah untuk investasi, akan lebih baik membeli emas betangan dengan kadar karat yang tinggi saja. Jangan sembarangan membeli emas batangan di orang yang bukan agen agen terpecaya. Hal ini dapat memungkinkan kalian bisa ditipu oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Untuk harga sendiri tentunya akan mengikuti harga per hari yang dapat sewaktu waktu berubah.

Baca Juga:  Menaker Ida Pastikan Subsidi Upah/Gaji Tahap III Cair

3. Membeli emas batangan di pegadaian

Emas batangan yang mempunyai kadar kemurnian mencapai 24 karat tentunya harganya akan sangat lumayan mahal. Perusahaan BUMN seperti pegadaian menyediakan fasilitas pembelian emas murni dengan cara kredit atau di cicil melalui program MULIA. Pilihan emas yang di sediakan di program ini mulai dari 1 gram, 5 gram, hingga yang paling terbesar adalah 1 kilogram.

Caranya cukup mudah dengan membayar uang muka yang sudah di tentukan, emas murni akan sudah dapat dimiliki. Akan tetapi dengan tenor cicilan yang mulai dari 3 bulan hingga dengan 36 bulan. Jika kalian ingin membeli emas murni dengan cara mengkredit atau mencicil, kalian hanya datang ke tempat pegadaian terdekat kalian dan melengkapi persyaratan yang di minta.

4. Mengetahui cara menemukan emas yang bagus.

Sebelum kalian membeli emas batangan, ada beberapa hal yang harus di pertimbangkan. Yaitu 

  • Kemurnian Emas

Hal ini harus pertama kali di pertimbangkan saat ingin membeli emas batangan. Kalian harus pastikan emas batangan yang akan kalian beli itu benar benar murni. Cara mengetahuinya adalah tingkat kemurnian emas biasanya di lihat dari kadar karatnya. Emas yang mempunyai kadar 24, 22, dan 18 karat adalah emas yang paling murni. Untuk investasi sendiri emas yang paling bagus di beli adalah emas dengan kadar karat 24 dan 22.

  • Sumber penyulingan emas
Baca Juga:  Penusukan Syekh Ali Jaber, Begini Tanggapan Menag Fachrul Razi

Mengetahui sumber tempat dari mana emas di suling adalah hal yang sangat penting agar kalian bisa memastikan kemurnian emasnya. Membeli emas yang di suling dari tambang yang terpecaya akan semakin menjamin emas tersebut sangat murni. 

  • Kehalusan emas

Perbedaan kehalusan emas atau biasa di sebut dengan fineness, berbeda dengan yang namanya tingkat kemurnian. Jika kemurnian di ukur dengan besaran karat pada emas itu, maka kehalusan menunjukan kemurnian dengan cara melihat satu per seribu setiap bagian emasnya. Jika emas tersebut di suling dengan tingkat kehalusan mencapai 999.9 seperseribu, maka emas tersebut bisa di katakan emas dengan mempunyai tingkat kemurnia tertinggi.

  • Sertifikasi

Cara yang lain agar emas tersebut benar benar murni adalah dengan melihat sertifikasinya. Sertifikasi yang resmi sendiri biasanya LBMA dan BIS.

Nah bagaimana, kalian sudah paham tentang hal hal untuk investasi emas ?

author