Wabah Corona, MotoGP Austin 2020 Terancam Batal

123berita.com – Grand Prix MotoGP Amerika terancam batal, menyusul kebijakan pemerintah setempat meningkatkan kewaspadaan atas persebaran virus corona (Covid-19) yang melanda banyak negara.

Sirkuit Amerika, awalnya dijadwalkan menjadi tuan rumah putaran ketiga musim MotoGP 2020 pada 5 April setelah pembatalan seri pembuka Qatar dan penundaan putaran kedua di Thailand.

Pada Jumat (06/03/2020) kemarin, Walikota Austin Steve Adler bersama Hakim Sarah Eckhardt dari Travis menyatakan Circuit of the Americas (COTA) termasuk wilayah teritorial dalam pengawasan terkait ancaman virus corona.

Baca Juga: Jadwal MotoGP 2020

Melansir Motor Sport, Minggu (08/03/2020), pemerintah setempat telah mengambil kebijakan akan menangguhkan acara yang dihadiri 2500 orang atau lebih, kecuali penyelenggara acara dapat membuktikan kepada Departemen Kesehatan Masyarakat bahwa mereka dapat melakukan langkah-langkah yang tepat untuk menahan penyebaran penyakit corona.

Sebagai bagian dari pengumuman tersebut, Adler juga mengkonfirmasi pembatalan festival musik dan film marquee Austin South by Southwest (SXSW) yang akan dimulai pada 13 Maret.

Sebagaimana banyak dikabarkan, setidaknya ada 17 kasus coronavirus yang dikonfirmasi ada di Texas, meskipun tidak ada yang spesifik di Austin.

Sementara itu, MotoGP telah mengumumkan kalender balap 2020 di mana Austin menjadi seri pembuka musim ini. CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta, menyatakan bukan tidak mungkin pihaknya akan menggelar balap tanpa penonton. Hal itu sebagai tindak lanjut atas ancaman wabah corona dan segala pembatasan yang menyertainya.

author
Journalist & Content Writer