Virus Corona Belum Usai, Wabah Ebola Kembali Menyerang Kongo

123Berita.com – Berita terkini hadir dari Republik Kongo yang dikabarkan kembali diserang wabah Ebola. Ditengah perjuangan melawan Virus Corona yang belum usai, negara yang berada di Benua Afrika tersebut harus kembali diserang Ebola.

Keberadaan wabah Ebola disampaikan langsung oleh Menteri Kesehatan Kongo yakni Eteni Longondo yang mengatakan ada empat orang meninggal karena Ebola di sebuah distrik di kota barat laut Mbandaka.

“Lembaga Penelitian Biomedis Nasional (INRB) telah mengonfirmasi kepada saya bahwa sampel dari Mbandaka terbukti positif untuk Ebola,” ucap Longondo pada konferensi pers, Senin (1/6).

Longondo juga mengatakan akan mengunjungi sejumlah wilayah yang terserang wabah Ebola pada akhir pekan ini. Selain mengirim sejumlah vaksin, dirinya juga mengatakan akan mengirim sejumlah bantuan berupa makanan dan juga obat-obatan.

Ibu kota Provinsi Equateur, Mbandaka, adalah pusat transportasi di tepi Sungai Kongo dengan populasi lebih dari satu juta.

Equateur sebelumnya dilanda wabah Ebola pada Bulan Mei dan Juli 2018 yang berakibat 33 orang meninggal dan 21 lainnya dinyatakan sembuh.

“Ini adalah provinsi yang sudah berpengalaman akan penyakit ini. Mereka tahu bagaimana merespons. Mereka memulai respon di tingkat lokal kemarin (Minggu),” kata Longondo, dikutip dari AFP.

Terakhir kali wabah ini terjadi pada tahun 2018 dimana Ebola pada tahun tersebut menewaskan kurang lebih 2.280 orang. Pertama kali Ebola muncul pada tahun 1976 di Equater, dan pada tahun ini merupakan wabah yang ke 11.

author