Unik! Polisi Ini Pakai Helm Corona agar Warga Tetap di Rumah

123berita.com – Dalam upaya membangun kesadaran tentang bahayanya pandemi virus corona (Covid-19), seorang seniman lokal di India bekerja sama dengan petugas kepolisian setempat membuat helm ‘corona’ unik. Cara tak lazim itu dilakukan demi mencegah warga keluyuran selama masa lockdown diberlakukan pemerintah.

Melansir Livemint, Minggu (29/03/2020), Gowtham, sang seniman perancang helm corona mengatakan sebagian warga India pada umumnya tak menganggap pandemi Covid-19 sebagai sesuatu yang serius. Sementara, personel kepolisian harus bekerja keras sepanjang waktu memastikan warga tetap tinggal di rumah dan tak keluyuran di jalan-jalan demi memutus mata rantai penyebaran corona.

Baca Juga:  Brenton Tarrant, Pembantai 51 Jemaah Masjid Selandia Baru Dipenjara Seumur Hidup

“Saya muncul dengan ide itu, menggunakan helm yang rusak dan beberapa potongan kertas untuk mempersiapkan ini. Saya juga telah menyiapkan banyak plakat bertuliskan slogan-slogan (tetap di rumah saja-red) dan menyerahkannya kepada polisi,” ujarnya.

Inspektur Polisi Rajesh Babu yang mengenakan helm itu di jalan Kota Cehnnai, Tamil Nadu, India, mengatakan sejauh ini dampaknya cukup efektif untuk membuat masyarakat sadar.

Baca Juga:  Aniaya ART Asal Indonesia, Warga Saudi Dipolisikan

“Kami telah melakukan segala cara (agar orang tetap di rumah-red), tetapi mereka masih keluar di jalan-jalan. Oleh karena itu, helm corona ini adalah salah satu langkah yang kami ambil untuk memastikan bahwa orang-orang sadar akan keseriusan polisi,” ungkapnya.

“Helm adalah salah satu upaya untuk melakukan sesuatu yang berbeda ketika saya memakai helm ini. Pikiran tentang bahayanya corona muncul di benak para pengendara. Terutama, anak-anak bereaksi keras setelah melihat ini dan ingin segera pulang,” kata Babu.

Baca Juga:  Kim Jong Un akan Tembak Mati Orang di Perbatasan Tiongkok Demi Bebas Covid-19

Untuk diketahui, hingga 28 Maret 2020 di wilayah Tamil Nadu terdapat 38 kasus positif corona, termasuk di antaranya enam warga asing. Sementara pemerintah India telah melaporkan satu kasus kematian karena infeksi corona, sedangkan dua kasus pasien Covid-19 sembuh.

author
Journalist & Content Writer