Uji Coba Fitur Anyar, WhatsApp Dimungkinkan Bisa Aktif di Beberapa Perangkat Sekaligus

123berita.com – Aplikasi perpesanan instan WhatsApp saat ini sudah menjadi kebutuhan dan tak bisa lepas dari aktivitas sehari-hari. Tak heran jika banyak orang sangat bergantung dari platform populer ini guna mengakomodasi kebutuhan komunikasi.

Kendati demikian, seiring adanya berbagai pembaruan bukan tidak mungkin pengguna justru akan beralih ke aplikasi lain. Seperti diketahui, sejak akhir tahun lalu telah dikabarkan jika pengguna akan mendapatkan fitur yang memungkinkan bisa mengaktifkan akun miliknya di beberapa perangkat sekaligus.

Bagi sebagian orang, fitur itu mungkin akan berguna karena dapat dioperasikan pada beberapa perangkat sekaligus. Dengan begitu, pengguna dapat melakukan respons percakapan lebih mudah dan cepat.

Namun, melansir oketekno.com, Senin (08/06/2020), belakangan fitur itu sepertinya justru menjadi suatu ancaman sebab pengguna akan lebih mudah diretas tanpa ketahuan apakah akun miliknya berada di perangkat orang lain atau tidak. Berbeda dengan saat ini dimana kejadian seperti itu masih bisa diatasi dengan mudah.

Misalnya saja ketika ada peretasan akun WhatsApp, pada smartphone

secara otomatis akun akan keluar dengan sendirinya. Hal ini dikarenakan sistem tidak mendukung sebuah akun aktif di dua perangkat sekaligus, kecuali pada WhatsApp Web.

Jika memang ada yang mengakses akun miliknya, hal itu dapat dengan mudah diketahui korban peretasan. Adapun untuk memulihkannya cukup mudah di mana pengguna hanya butuh akses masuk lagi dengan verifikasi yang dikirim ke nomor telepon dan memulihkan cadangan.

Sementara jika akun bisa aktif di beberapa perangkat sekaligus, ke depannya jelas akan lebih sulit lagi mengetahui hal demikian. Namun, apabila Facebook sebagai induk perusahaan punya solusi lain terkait hal tersebut, bukan mustahil keamanannya dapat lebih terjamin.

Saat ini fitur multidevice pada WhatsApp sudah mulai diuji coba pada beberapa penggunanya. Kabar ini diungkapkan WABetaInfo yang kerap memberikan bocoran platform pesan instan populer itu. Karena masih beta, belum diketahui jadwal rilis resmi dari fitur tersebut.

author
Journalist & Content Writer