Sukabumi Diguncang Gempa 5,0 Magnitudo dengan Kedalaman 10KM

123Berita.com, Sukabumi Diguncang Gempa 5 Magnitudo dengan Kedalaman 10KM – Indonesia kembali diguncang Gempa tepatnya di Sukabumi. Selasa, 10 Maret 2020 pukul 17.11, Sukabumi diguncang gempa bermagnitudo 5,0 dengan kedalaman 10 KM.

Akhmad Taufan selaku Kepala Humas BMKG

mengatakan jika gempa berpusat di darat dengan kedalaman 10 KM atau lebih tepatnya gempa berlokasi 6.89 LS dan 106.82 BT.

Baca Juga:  Sri Mulyani: Era Digital di Tengah Pandemi Timbulkan Banyak Distorsi Informasi

“Gempa yang terjadi di Sukabumi tidak berpotensi tsunami,” ucap Akhmad Taufan selaku kepala Humas BMKG.

Hingga hari Selasa pukul 17.09, menurut monitoring BMKG menunjukan adanya gempa bumi pendahuluan atau yang biasa dikenal foreshock.

Taufan juga menjelaskan, gempa bumi yang terjadi jenis gempa bumi dangkal yang diakibatkan aktivitas sesar lokal. Hasil analisis mekanisme sumber juga menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan mendatar atau Strike-Slip Fault.

Baca Juga:  BMKG: Awal Musim Hujan Dimulai Akhir Oktober

Secara terpisah, Kapusdatinkom Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Agus Wibowo menuturkan bahwa guncangan gempa terasa hingga Jakarta.

“Goncangan selama 20 detik di Graha BNPB lantai 15. Seluruh peserta rapat koordinasi Penanganan Pandemi Covid-19 dihimbau tenang oleh Kepala BNPB,” ujar Agus. Ia menambahkan, tidak ada kepanikan dan belum ada laporan kerusakan terkait gempa ini.

Baca Juga:  Pidato di PBB, Jokowi Dorong Perkuat Kerja Sama Penanganan Covid-19
author