Sejarah Peringatan Hari Batik Nasional 2 Oktober

123berita.com – Batik merupakan salah satu warisan budaya yang lekat dengan bangsa Indonesia. Tak heran jika akhirnya pemerintah kemudian menetapkan 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional.

Sejatinya, Hari Batik Nasional merupakan hari perayaan Indonesia untuk memperingati ditetapkannya batik sebagai warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) pada 2 Oktober 2009 lalu oleh UNESCO.

Atas dasar itulah, setiap 2 Oktober dirayakan sebagai hari batik. Biasanya orang akan mengenakan pakaian batik di tanggal itu sebagai bentuk peringatan.

Melansir CNN Indonesia

, Kamis (01/10/2020), batik kali pertama diperkenalkan ke dunia oleh Presiden ke-2 RI Soeharto saat menghadiri konferensi PBB. Sebelumnya, dia juga kerap memberikan batik sebagai oleh-oleh untuk tamu negara.

Seiring berjalannya waktu, batik kemudian didaftarkan untuk mendapat intangible cultural heritage di UNESCO pada 4 September 2008.

Perjalanan panjang itu baru berbuah pada 9 Januari 2009 di era pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Batik diterima secara resmi oleh UNESCO, kemudian baru dikukuhkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi usai sidang ke-4 UNESCO di Abu Dhabi pada 2 Oktober 2009.

author
Journalist & Content Writer