Rusia Klaim Temukan Vaksin Corona Bernama ‘Sputnik V’, Seperti Apa Kira-Kira ?

123Berita.com – Pemerintah Rusia mengklaim telah menemukan vaksin corona dan diberi nama Sputnik V. Nantinya, vaksin ini akan diberikan pada puluhan ribu rakyatnya. Sejatinya vaksin ini belum sepenuhnya teruji keefektivitasannya.

Seperti apa vaksin buatan Rusia bernama Sputnik V ini
Seperti apa vaksin buatan Rusia bernama Sputnik V ini

Mengacu pada satelit buatan pertama di dunia. Vaksin ini dikembangkan Gamaleya Research Institute dan Kementerian Pertahanan Rusia.

“Pagi ini, untuk pertama kalinya di dunia, vaksin untuk melawan COVID-19

telah didaftarkan,” ucapnya kepada AFP.

Baca Juga:  Kim Jong Un akan Tembak Mati Orang di Perbatasan Tiongkok Demi Bebas Covid-19

Vladimir Putin, Presiden Rusia mengatakan jika vaksin ini bekerja cukup efektif dan akan membentuk kekebalan tubuh yang stabil sehingga terhindar dari Covid-19. Putin juga mengatakan jika salah satu putrinya telah menguji vaksin tersebut dan saat ini kondisi putri dari Putin baik-baik saja dan merasa kekebalan tubuhnya semakin kuat.

Vaksin Rusia dibuat dari DNA adenovirus SARS-CoV-2. Vaksin ini menggunakan virus yang telah dilemahkan untuk mengirimkan sebagian kecil patogen dan menstimulasi respons imun.

Baca Juga:  Aniaya ART Asal Indonesia, Warga Saudi Dipolisikan

Sementara itu, dari Organisasi Kesehatan Dunia atau yang biasa dikenal dengan WHO meminta agar Rusia memperhatikan tinjauan keamanan yang ketat pada vaksinnya. Pasalnya, Rusia baru melaporkan perkembangan fase I uji coba.

“Prakualifikasi vaksin apapun, mencakup tinjauan dan penilaian data keamanan dan kemanjuran diperlukan,” ucap jubir WHO Tarik Jasarevic kepada Reuters. “Kami sudah menghubungi otoritas kesehatan Rusia dan diskusi sedang berlangsung.” ungkapnya.

Baca Juga:  Kasus Corona di AS Belum Usai, Kini Dikejutkan dengan Wabah Baru Bernama Salmonella
author