Rayakan Ulang Tahun ke-22, Google Bikin Doodle Animasi Video Call

123berita.com – Hari ini Google merayakan ulang tahun (Ultah) ke-22. Menandai acara spesial, pihak perusahaan memajang animasi menggemaskan di tampilan muka mesin pencari Google.

Doodle menunjukkan huruf “G” yang tampak di depan laptop tengah melakukan video call. Ia mengenakan topi ulang tahun dengan hadiah dan sepotong kue di dekatnya. Sementara gambar yang menampilkan layar laptop memperlihatkan huruf-huruf lain dari nama “Google” dan mereka juga tampak merayakannya.

Representasi acara di doodle cukup tepat seperti di masa sekarang. Pada situasi pandemi, kebanyakan orang merayakan ulang tahunnya secara virtual.

Melansir Hindustan Times, Minggu (27/09/2020), Google didirikan Larry Page dan Sergey Brin pada 1998 silam. Ada sebuah cerita menarik di balik moniker yang kini menjadi sinonim tidak resmi untuk kata “search”. Namanya, ternyata adalah permainan istilah matematika.

Seperti dijelaskan dalam blog yang dibagikan Google, nama itu muncul ketika ahli matematika Amerika Edward Kasner dan keponakan mudanya Milton Sirotta tengah “jalan-jalan santai” di hutan New Jersey pada 1920.

Kasner, seperti ceritanya, meminta Sirotta membantunya memilih nama “untuk angka yang mencengangkan” – 1 diikuti 100 angka nol. Yang mana, Sirotta menjawab “a google”.

Belakangan, nama itu semakin dikenal pada 1940 ketika Kasner menggunakannya dalam sebuah buku yang ia tulis bersama. Dan sekarang, google menjadi istilah populer hampir bagi semua orang.

Menariknya lagi, orang mungkin tak sadar, istilah “Google” telah masuk dalam Kamus Bahasa Inggris Oxford. Kata itu secara resmi telah ditambahkan ke dalam daftar kosakata sebagai kata kerja pada 2006.

author
Journalist & Content Writer