Prediksi Pakar AS Soal Kapan Berakhirnya Pandemi Virus Corona

123Berita.com – Masyarakat dunia menantikan hidup normal tanpa adanya ketakutan dengan pandemi covid 19. Kehadiran vaksin diharapkan banyak orang untuk menyudahi pandemi yang menyerang hampir 1 tahun ini.

Namun faktanya, dengan hadirnya vaksin tak serta merta langsung membunuh virus dan membuat dunia kembali seperti semula. Seperti yang diungkap pakar penyakit menular terkenal di Amerika Serikat (AS) Dr Anthony Fauci yang menilai vaksin mungkin akan membantu tetapi tetap ada peringatan kehati-hatian.

“Jika Anda berbicara tentang kembali ke tingkat normalitas yang menyerupai di mana sebelum ada COVID-19, itu akan terjadi pada 2021, bahkan mungkin menjelang akhir 2021,” ucap Fauci seperti dikutip dari CNN International

.

“Vaksin akan membantu, tetapi ada peringatan,” lanjut Fauci dalam serangkaian wawancara.

Fauci telah berulang kali mengatakan bahwa mungkin setidaknya satu dari vaksin yang diuji bisa mendapatkan izin darurat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan AS, pada akhir tahun ini atau awal tahun depan. Tapi itu tidak akan segera tersedia untuk semua orang.

“Pada saat Anda memobilisasi distribusi vaksinasi, dan Anda mendapatkan sebagian besar, atau lebih, populasi yang divaksinasi dan dilindungi, kemungkinan itu tidak akan terjadi hingga pertengahan atau akhir 2021,” katanya kepada Andrea Mitchell dari MSNBC.

“Ditambah, orang tidak selalu melakukan apa yang seharusnya mereka lakukan untuk mengendalikan penyebaran virus, bahkan sampai sekarang,” tutup Fauci.

Virus corona pertama kali muncul di kota Wuhan, China pada awal tahun 2020. Hingga kini virus tersebut terus berkembang menjadi virus mematikan dan belum diketahui apa penyebab dan vaksinnya.

author