Polri Pastikan Pembakar Hutan di Tengah Pandemi Covid-19 Dihukum Berat

JAKARTA, 123berita.com – Kabareskrim Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo akan berkoordinasi dengan Kejaksaan untuk menuntaskan seluruh kasus Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla). Tujuannya agar para pelaku yang sengaja atau karena kelalaiannya mengakibatkan kebakaran hutan diberikan hukuman paling berat atau maksimal sesuai dengan Undang-Undang (UU) berlaku.

“Menuntaskan kasus-kasus Karhutla dan mengoordinasikan dengan Kejaksaan dan Pengadilan untuk memberikan hukuman terberat,” tegas Kabareskrim Polri, dilansir dari Portal Berita Resmi Polri, TribrataNews, Jumat (26/06/2020).

Sebelumnya, Presiden Indonesia Joko Widodo mengungkapkan, 99 persen Karhutla disebabkan ulah manusia. Oleh sebab itu, aparat diminta menindak tegas pihak-pihak yang merusak hutan tanpa pandang bulu dan kompromi.

Demi mencegah terjadinya Karhutla, Polri bersama Ditjen Gakkum Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Kejaksaan Agung bersama Gubernur, Kapolda, Kejaksaan Tinggi telah melakukan kegiatan sosialisasi penanggulangan dan penegakan hukum terkait kebakaran hutan.

Tujuan sosialisasi itu dilakukan agar seluruh lapisan masyarakat tidak membuka lahan dengan cara membakar dan mematuhi hukum. Selain itu, Pemda juga diminta melakukan pengendalian serta pencegahan dengan menyediakan sarana dan prasarana.

Sementara itu, imbauan untuk para pelaku usaha, yakni harus memastikan memiliki sistem pengendalian, pemantauan, dan pencegahan Karhutla berjalan dengan baik. Misalnya seperti menara pengawas, sekat, embung, dan peralatan pemadam.

Demi memaksimalkan pencegahan di wilayah Indonesia, Bareskrim Polri juga sudah membentuk Posko Karhutla di setiap Polda untuk mengantisipasi secara cepat dalam penanganan dan pemadaman titik api sekecil apa pun.

Polri akan lebih gencar lagi melakukan sosialisasi terkait bahaya Karhutla dengan menggandeng seluruh instansi terkait. Lalu, memanfaatkan aplikasi Lancang Kuning dan melanjutkan supervisi ke Polda-Polda terkait.

author
Journalist & Content Writer