Perang Armenia-Azerbaijan Pecah, Puluhan Orang Tewas

123berita.com – Setidaknya 24 orang tewas dalam bentrokan bersenjata antara Armenia dan Azerbaijan. Kekerasan terbaru dalam sengketa wilayah selama puluhan tahun itu pun telah memicu seruan internasional guna menghentikan pertempuran.

Reuters mengabarkan, pertempuran pecah akhir pekan ini di wilayah Nagorno-Karabakh yang memisahkan diri berlanjut pada Senin (28/09/2020) pagi dengan penempatan artileri berat di kedua sisi.

Nagorno-Karabakh secara internasional diakui sebagai wilayah Azerbaijan, namun memisahkan diri pada 1991 dan dikendalikan oleh etnis Armenia.

Melansir The Guardian, Kementerian Pertahanan Armenia melaporkan pertempuran terjadi sepanjang Minggu (27/09/2020) malam, sementara Kementerian Pertahanan Azerbaijan mengatakan pasukan Armenia menembaki Kota Terter.

Bentrokan terburuk sejak 2016 telah meningkatkan momok perang baru antara bekas saingan Soviet, terkunci sejak awal 1990-an dalam kebuntuan atas wilayah Nagorno-Karabakh yang didukung Armenia.

17 pejuang separatis Armenia tewas dan lebih dari seratus lainnya cedera dalam pertempuran itu. Presiden Karabakh, Arayik Harutyunyan mengatakan pada Minggu, mengakui pasukannya telah “kehilangan posisi”. Kedua belah pihak juga melaporkan korban sipil.

author
Journalist & Content Writer