Pemerintah Tambah 4 Hari Libur Cuti Bersama 2020, Ini Tanggalnya

JAKARTA, 123berita.com – Pemerintah tahun ini menambah empat hari libur cuti bersama. Hal itu dilakukan sebagai upaya antisipasi melemahnya pertumbuhan ekonomi.

“Berdasarkan arahan presiden, disampaikan bahwa Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif telah melakukan kajian yang menyatakan libur panjang dapat berpengaruh terhadap peningkatan PDB (Produk Domestik Bruto),” jelas Menko PMK, Muhadjir Effendy dalam Rapat Tingkat Menteri (RTM) tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama di Kantor Kemenko PMK, Senin, (09/03/2020), dilansir dari laman resmi Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, kemenkopmk.go.id.

Untuk itu, menurut Menko PMK perlu upaya memaksimalkan wisatawan dalam negeri, mengingat jumlah wisatawan mancanegara menurun drastis. Kondisi serupa juga pernah terjadi ketika peristiwa bom Bali.

Baca Juga:  Polisi bakal Tindak Tegas Oknum Penyalahgunaan Seragam Baru Satpam

“Penetapan hari libur dan cuti yang tepat akan memberikan dampak positif terhadap peningkatan perekonomian nasional di aspek pariwisata, juga dalam rangka silaturahmi, saling mengenal antarmasyarakat Indonesia, maka hari libur ini bisa dimanfaatkan semua pihak,” lanjutnya.

Menurut Muhadjir Effendy, penambahan cuti bersama setelah hari raya juga dimaksudkan agar memudahkan dalam pengaturan arus balik mudik hari raya. Semula, hari libur nasional dan cuti bersama 2020 sebanyak 20 hari. Rinciannya Hari Libur Nasional sebanyak 16 hari dan cuti bersama sebanyak 4 hari.

Baca Juga:  Penusukan Syekh Ali Jaber, Begini Tanggapan Menag Fachrul Razi

“Rapat merumuskan untuk menambah 4 hari libur yang semula telah ditetapkan 20 hari menjadi 24 hari, sebagaimana ditetapkan dalam SKB Tiga Menteri Nomor 174 Tahun 2020, Nomor 01 Tahun 2020, Nomor 01 Tahun 2020,” simpul Menko PMK.

Tambahan 4 hari libur yang disepakati adalah pada 28 dan 29 Mei, 21 Agustus, dan 30 Oktober. Penambahan cuti bersama merupakan upaya pemerintah dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Pemerintah telah memberikan stimulan hingga Rp10 triliun untuk mengantisipasi lesunya perekonomian.

Baca Juga:  7 Pejabat dan Staf Positif Covid-19, Kantor Kominfo WFH Sepekan

Pemerintah pun akan memberikan insentif penerbangan untuk sepuluh destinasi wisata yang akan diberlakukan pada Maret hingga Mei 2020 sebagai pendongkrang minat wisata masyarakat. Adapun sepuluh titik itu, yakni Batam, Denpasar, Yogyakarta, Labuhan Bajo, Lombok, Malang, Manado, Silangit, Tanjung Pinang, dan Tanjung Pandan.

author
Journalist & Content Writer