Pelihara Ikan Aligator, Yusuf Mansur Kena Tegur Netizen

123berita.com – Ustaz Yusuf Mansur kena tegur netizen setelah dirinya memposting ikan aligator di akun Instagram miliknya, @yusufmansurnew, Kamis (23/07/2020). Seorang netizen menyebut ikan aligator termasuk hewan dilindungi undang-undang dan tidak dapat dipelihara perorangan.

Dalam postingannya, Yusuf Mansur mengatakan ikan aligator dipelihara di pesantren miliknya.

“Ikan aligator di kolam pohon jamblang di DQ Ketapang Tangerang,” tulisnya sembari memperlihatkan foto dua santrinya memegang ikan predator itu.

Lebih lanjut pemilik Pondok Pesantren Daarul Quran (DQ) mengutarakan ikan aligator telah dirawat sejak kecil oleh para santrinya di kawasan Tangerang.

“Dari kecil nih, punya santri. Met shalawat ya. Met sedekah,” sambung sang ustaz.

Postingan Yusuf Mansur ini pun menuai beragam komentar netizen. Sebagian mengingatkan ikan aligator tak boleh dipelihara sebab dilindungi undang undang.

“Maaf Ustaz Yusuf, terkait memelihara ikan aligator ini tertuang dalam Undang-Undang 31 Tahun 2004 yang diubah menjadi Undang-Undang 45 Tahun 2009 dan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 41 Tahun 2014,” tulis akun @bangben0206

, mengomentari postingan tersebut.

“Sesuai aturan, mereka yang memelihara ikan-ikan berbahaya dapat dikenai hukuman pidana penjara enam tahun dan denda Rp1,5 miliar. Sementara, jika melepasliarkan ke perairan umum bisa dikenai hukuman pidana penjara 10 tahun dan denda Rp2 miliar. Dinilai berbahaya karena sifatnya invasif dan merusak ekosistem alami,” imbuh akun @bangben0206.

Menanggapi komentar akun tersebut, Yusuf Mansur pun langsung membalasnya. Dirinya berterima kasih lantaran sudah diberitahu tentang larangan memelihara ikan berbahaya itu.

Innalillah, benarkah? Siap. Saya kasih tahu kawan-kawan di pondok. Makasih ya, berharga sekali info ini,” timpal dia.

author
Journalist & Content Writer