Operasi Tangan, Johann Zarco Absen Latihan Bebas MotoGP Styrian

123berita.com – Pembalap Avintia Ducati Johann Zarco akan melewatkan dua sesi latihan pembuka untuk MotoGP Styrian Grand Prix pada Jumat (21/08/2020). Ia gagal memenuhi persyaratan untuk menjalani tes medis wajib menjelang akhir pekan.

Seperti diketahui, Zarco sempat terlibat kecelakaan mengerikan dengan pembalap Petronas Yamaha Franco Morbidelli di tikungan 3 Sirkuit Red Bull Ring Austria pekan lalu. Motor Ducati-nya membentur penghalang dan melompati lintasan.

Meskipun awalnya dipahami banyak pihak bahwa semua pembalap terhindar dari cedera serius, namun belakangan baru diketahui ternyata Zarco telah mematahkan skafoid di pergelangan tangan kanannya.

Baca Juga:  Hasil Kualifikasi MotoGP Catalunya: Yamaha Perkasa, Rossi dan Muridnya Semakin di Depan

Alhasil, pembalap Prancis itu harus menjalani operasi pergelangan tangannya pada Rabu (19/08/2020) di Italia, dan melakukan perjalanan kembali ke Spielberg pada Kamis (20/08/2020) untuk yang kedua dari dua balapan MotoGP di Austria.

“Ini prosedur klasik dengan pemasangan sekrup untuk memperbaiki tulang yang patah,” kata Zarco kepada L’Equipe sebelum operasi.

“Saya akan kembali ke Austria pada Kamis pagi untuk pemeriksaan kesehatan. Saya ingin melihat apakah saya bisa balapan akhir pekan ini untuk balapan kedua yang diselenggarakan di Red Bull Ring,” tambahnya, dilansir dari motorsport.com

, Kamis (20/08/2020).

Baca Juga:  Hasil Kualifikasi MotoGP San Marino 2020, Vinales dan Rossi Start di Depan

Menurut peraturan MotoGP, seorang pembalap tidak dapat meminta pemeriksaan kesehatan hingga setidaknya 48 jam operasi. Itu artinya Zarco belum dinyatakan fit untuk membalap di Styrian Grand Prix.

Zarco dapat meminta peninjauan kembali pada Jumat setelah menyelesaikan periode waktu wajib 48 jam sejak operasinya. Jika dianggap fit, ia akan diizinkan untuk ambil bagian dalam GP Styrian, dimulai dengan latihan ketiga pada Sabtu (22/08/2020).

Baca Juga:  Klasemen MotoGP 2020 Usai GP Emilia Romagna, Dovizioso Menang Tipis

Sementara, pembalap Avintia itu akan absen di FP1 dan FP2 yang dijadwalkan pada Jumat. Zarco juga akan menghadiri pertemuan dengan beberapa pihak terkait guna menjelaskan kronologi insiden kecelakaan.

Beberapa kritikan sempat dilontarkan kepada Johann Zarco. Ia disebut telah mengambil line yang tidak biasa saat pengereman. Morbidelli, bahkan mencap Zarco ‘setengah pembunuh’.

Sementara itu, pihak MotoGP mengumumkan mereka telah melakukan perubahan pada Sirkuit Red Bull Ring setelah kecelakaan mengerikan itu. Penyelenggara memperpanjang pagar pembatas di luar tikungan 3.

author
Journalist & Content Writer