Nurhasanah Pengisi Suara Doraemon Meninggal Dunia, Ini Rekam Jejaknya

123berita.com – Kabar duka kembali datang dari keluarga besar serial animasi Doraemon. Belum lama publik dikejutkan dengan berita meninggalnya pengisi suara pertama karakter Shizuka, Prabawati Sukarta pada 15 Juni 2020 lalu, kini penggemar Doraemon juga dikagetkan dengan berpulangnya Nurhasanah.

Seperti diketahui, Nurhasanah adalah sosok pengisi suara karakter Doraemon. Ia dikabarkan meninggal dunia pada Minggu (12/07/2020) sore. Kabar kepergian Nurhasanah untuk selamanya diungkapkan akun Instagram @nurhasanahdora lewat poatingannya.

Innalillahi wa innailaihi raji’un. Telah berpulang ke Rahmatullah, ibunda kami Nurhasanah pukul 15.00 WIB. Mohon dimaafkan atas kesalahan semasa hidup mama saya,” tulis akun tersebut.

Melansir CNNIndonesia.com, Nurhasanah merupakan pengisi suara karakter Doramen pada periode 1993 hingga 2018. Sebelum dikenal sebagai pengisi suara Doraemon, ia mulai mengisi suara untuk telenovela Rama dan film India Baratha.

Kariernya di ranah pengisi suara berawal sejak bekerja di RRI menangani bidang produksi sandiwara radio pada 1982. Suara Nurhasanah sempat absen dari karakter kucing Jepang Doraemon pada 2006 ketika terjadi pergantian pengisi suara.

Namun, banyaknya permintaan penggemar membuat suara Nurhasanah kembali mengisi karakter Doraemon pada 2007. Penyakit stroke dideritanya membuat suara pada karakter Doraemon digantikan anaknya, Dana Robbyansyah mulai 2018.

Kabar meninggalnya Nurhasanah jelas memberikan duka mendalam bagi penggemar Doraemon. Hal itu terlihat dari lini masa Twitter yang dibanjiri ucapan duka dan kenangan atas suara pengisi karakter kakak Dorami.

author
Journalist & Content Writer