MotoGP Andalusia: Start Posisi 4, Rossi Sebut Dirinya Lebih Kuat

123berita.com – Pembalap tim Monster Yamaha Valentino Rossi bakal memulai balap MotoGP Andalusia dari posisi keempat, menyusul dilakukannya sejumlah perubahan yang memberikan hasil lebih baik bagi performa motor, pengendara, maupun ban.

Mencoba berbagai formula usai mendapat hasil kurang mengesankan pada seri balap Jerez akhir pekan lalu, Rossi mengaku dia merasa lebih kuat kali ini.

“Pada balapan pertama saya punya banyak masalah pada motor sehingga terlalu lambat. Sekarang kami membaik,” kata pembalap asal Italia yang berada di urutan kesepuluh ketika kegagalan teknis membawanya keluar dari Grand Prix Spanyol Minggu lalu,” dilansir dari laman crash.net, Minggu (26/07/2020).

Rossi mengatakan, dia dan tim terus bekerja untuk membuat motor lebih kompetitif. Sepekan terakhir telah dilakukan setting berbeda dan hasilnya lebih baik.

Baca Juga:  Operasi Tangan, Johann Zarco Absen Latihan Bebas MotoGP Styrian

“Saya akan mulai dari posisi grid yang bagus dan kecepatan saya tidak terlalu buruk, juga di sore hari, tetapi kami masih harus meningkatkannya karena di beberapa tempat kami kehilangan sedikit. Tetapi akan sangat penting untuk memulai di depan.”

Rossi tak mengungkap dengan jelas apa yang telah mereka ubah pada motor M1-nya. Ia hanya menyebut entri corner sebagai prioritas utama.

Peraih titel juara dunia pada balap 500cc dua-stroke kemudian 990cc, 800cc, dan 1000cc empat-stroke, menggunakan ban Bridgestone dan Michelin, Rossi merasa gaya berkendara MotoGP sekarang ditentukan karakteristik ban lebih dari sebelumnya.

Baca Juga:  Hasil Kualifikasi MotoGP San Marino 2020, Vinales dan Rossi Start di Depan

Menekankan bahwa penting untuk menjaga ‘pikiran terbuka’ dan tidak bergantung pada pengalaman masa lalu, The Doctor tetap bersikeras bahwa motor dan pembalap harus beradaptasi satu sama lain.

“Saya harus mengatakan bahwa pada tahun-tahun terakhir, periode terakhir, gaya berkendara sangat banyak berubah di MotoGP,” kata pembalap 41 tahun.

“Di banyak tikungan, lebih dari mengendarai dengan baik, Anda perlu melakukan hal yang benar untuk ban. Dan itu tidak mudah karena saya memiliki banyak pengalaman, tetapi terkadang pengalaman saya adalah masalah karena Anda harus memiliki pikiran terbuka dan mengubah berbagai hal.”

Baca Juga:  Haornas 9 September, Puan Maharani Minta Pemerintah Jamin Masa Depan Atlet

“Kami telah banyak mengubah setting motor, keseimbangan, untuk mencoba memasuki tikungan lebih cepat. Saya mencoba beradaptasi sebanyak mungkin dengan gaya modern MotoGP dengan ban ini, tapi kami juga perlu menyesuaikan motor dengan saya. Jadi saya butuh sesuatu yang berbeda.”

“Dibandingkan dengan pekan lalu, saat ini memang lebih baik dan sekarang kami perlu melanjutkan dengan cara ini,” pungkas Rossi.

Balap MotoGP Andalusia dijadwalkan digelar pada Minggu (26/07/2020) pukul 19.00 WIB. Pole position diraih pembalap Petronas Yamaha SRT Fabio Quartararo, sedangkan posisi kedua dan ketiga, masing-masing ditempati pembalap Monster Energy Yamaha Maverick Vinales dan pembalap Pramac Racing Francesco Bagnaia.

author
Journalist & Content Writer