Momok Corona, Balapan MotoGP Musim Ini Tanpa Penonton?

MotoGP, 123Berita.com – Bos Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta dalam sebuah konferensi pers menyatakan pihaknya siap menggelar balapan MotoGP secara tertutup alias tanpa penonton. Hal itu tak lain guna meminimalisasi dampak persebaran virus corona (Covid-19).

Prosedur karantina diterapkan bagi mereka yang bepergian dari Italia di Qatar membuat MotoGP membatalkan race perdana musim ini. Sementara putaran kedua di Thailand terpaksa harus ditunda, menyusul adanya larangan pemerintah Negeri Gajah Putih terkait gelaran acara melibatkan banyak massa.

Adapun untuk race perdana rencananya digelar di Austin yang semula menjadi jadwal balap putaran ketiga, sedangkan balap di Thailand dijadwalkan mundur pada 4 Oktober 2020. Namun, eskalasi penyebaran virus corona yang demikian masif di berbagai belahan dunia menjadi ancaman serius terhadap ajang balap MotoGP musim ini.

Baca Juga:  Hasil MotoGP San Marino 2020, Murid Valentino Rossi Juara

Dalam konferensi pers menjelang Grand Prix Qatar yang hanya akan menghadirkan Moto2 dan Moto3, Ezpeleta mengatakan “semuanya mungkin” dalam hal memastikan balapan tetap berjalan. Salah satu opsinya adalah menggelar balapan tanpa penonton.

“Hal yang paling penting bagi kami adalah memiliki solusi untuk semuanya. Kami selalu mengatakan bahwa Dorna telah menjalin kesepakatan dengan FIM dan IRTA, ini adalah proses perusahaan dan ini adalah kewajiban kami,” ucap Carmelo Ezpeleta, dilansir dari Motor Sport, Jumat (06/03/2018).

Baca Juga:  Andrea Dovizioso Nyeberang ke Petronas Yamaha? Ini Kata Sang Bos

“Hal terpenting ini lebih penting daripada hal ekonomis adalah membuat balapan dan saya memastikan Anda dengan kolaborasi semua orang IRTA, semua manajer Moto2 dan Moto3, kami akan mencoba melakukan sebanyak mungkin balapan,” imbuhnya.

“Saat ini saya tidak akan mengatakan optimis atau tidak, tetapi satu-satunya hal yang saya janjikan pada Anda adalah kami akan bekerja keras untuk solusi apa pun yang terjadi untuk membuat balapan yang tersisa terjadi. 19 balapan yang tersisa,” lanjut Carmelo Ezpeleta.

Baca Juga:  MotoGP: Jamin Internet Ngebut, Sirkuit Mandalika Lombok Dilengkapi Jaringan 4G

Ezpeleta mengungkapkan, Dorna telah berusaha mengatur penerbangan carter dari Prancis untuk membawa semua pembalap Italia, termasuk kru agar setiap tim dapat ikut balapan di Qatar, sebelum negara itu mengumumkan pembatasan baru. Dia juga menegaskan, atas alasan pekerjaan trek sedang dilakukan di Losail, tidak akan ada ruang untuk putaran Qatar dijadwal ulang musim ini.

Diungkapkan pula, jumlah minimum balapan yang harus dijalankan Dorna untuk memenuhi kewajiban kontraknya dengan FIM adalah 13 kali race. Total 20 balapan dijadwalkan musim ini sebelum pembatalan putaran Qatar.

Tag:
author