Miris! Viral Video Jenazah ABK Indonesia di Kapal China Dibuang ke Laut

123berita.com – Sebuah kejadian miris menimpa salah seorang anak buah kapal (ABK) asal Indonesia. Dia meninggal di atas kapal China dan jasadnya dilempar ke tengah laut.

Rekaman video pembuangan jenazah ABK itu pun viral di berbagai platform media sosial hingga mengundang banyak reaksi. Video yang dirilis stasiun MBC diulas YouTuber Jang Hansol di kanalnya, Korea Reomit, Rabu (06/05/2020).

“Video yang akan kita lihat habis ini adalah kenyataan pelanggaran HAM orang Indonesia yang bekerja di kapal China,” ucap Jang Hansol menirukan penyiar MBC.

Dalam video disebutkan, MBC memperoleh rekaman itu setelah kapal bersandar di Pelabuhan Busan. Orang-orang Indonesia sejatinya telah meminta bantuan kepada pemerintah Korea Selatan dan media setempat.

Semula, pihak televisi tak memercayai rekaman itu, apalagi saat hendak dilakukan pemeriksaan, kapal sudah kembali berlayar. Jang Hansol mengutarakan, pihak televisi menyatakan perlunya penyelidikan internasional untuk memastikan kabar itu.

Video itu disebutkan bertanggal 30 Maret di Samudera Pasifik bagian Barat, di mana terdapat sebuah kotak dibungkus kain oranye. Menurut terjemahan Jang Hansol, kotak yang ditempatkan di geladak kapal adalah Ari, ABK pria berusia 24 tahun.

Dikatakan pula, Ari sudah bekerja di kapal itu setahun lebih dan meninggal. Di video, tampak seorang kru melakukan ritual doa menggunakan dupa dan menaburkan cairan sebagai bentuk upacara pemakaman.

“Apa kalian (ada yang ingin disampaikan) lagi? Tidak? Tidak?” tanya seorang kru kepada orang yang berada di bagian atas kapal.

Setelah melakukan ritual sederhana, jenazah langsung diceburkan ke laut.

“Mas Ari pun menghilang di tempat yang kita tidak tahu kedalamannya,” kata Jang Hansol.

Kasus ini dilaporkan bukanlah kejadian pertama. Selain Ari, dalam rekaman video itu juga disebutkan ada ABK lain mengalami nasib serupa. Sebelumnya ada Al Fatah (19) dan Sepri (24), di mana keduanya juga mengalami nasib tragis, jasadnya dibuang ke laut saat hidupnya berakhir.

author
Journalist & Content Writer