Kasus Covid19 di Asia Tenggara: Filipina Terbanyak, Indonesia Mengkhawatirkan

123Berita.com – Indonesia dan juga Filipina merupakan dua negara dengan kasus covid tertinggi di Asia Tenggara. Rabu, 9 September 2020 baik Indonesia dan Filipina melaporkan kasus positif mencapai 3.000 orang dengan Filipina total 3.281 dan Indonesia 3.046.

Seperti yang diketahui, Filipina merupakan negara dengan kasus positif covid19 tertinggi di Asia Tenggara dengan angka mencapai 241.987. Untuk di Dunia, Filipina berada di posisi 22.

Untuk Indonesia sendiri merupakan Negara dengan kasus covid tertinggi nomor dua di Asia Tenggara dengan mencapai 200.035, sedangkan di dunia Indonesia berada di posisi 23.

Meskipun Filipina menjadi Negara tertinggi kasus positif covid, tapi Indonesia menjadi Negara yang mengkhawatirkan dan mencengangkan karena kasus korban positif covid yang meninggal merupakan yang tertinggi di Asia Tenggara dengan angka 8.230, sedangkan Filipina 3.916.

Dengan terus bertambahnya kasus covid yang melanda Indonesia dan Filipina, sejumlah Negara termasuk Malaysia menutup negaranya dari kunjungan Indonesia dan Filipina.

“Keputusan ini dibuat atas nasihat Kementerian Kesehatan,” kata Menteri Senior Ismail Sabri Yaakob.

Hal ini dilakukan oleh pemerintah Malaysia agar rantai virus dan kasus covid di Malaysia tidak bertambah.

Sementara itu, kasus baru di Taiwan pada akhir pekan lalu juga melibatkan kasus impor dari dua negara yang sama, Indonesia dan Filipina. Yang pertama adalah seorang perempuan berusia 30-an tahun.

Perempuan warga Taiwan itu terkonfirmasi terinfeksi virus corona Covid-19 sekembalinya dari bekerja di Indonesia.

author