Jangan Sampai Ditilang, Polisi akan Gelar Operasi Patuh Mulai Pekan Depan

JAKARTA. 123berita.com Korlantas Polri akan menggelar operasi lalu lintas dengan tema Operasi Patuh 2020 selama 14 hari. Adapun pelaksanaannya terhitung mulai pekan depan, yakni pada 23 Juli hingga 5 Agustus 2020.

Kendati operasi lalu lintas dilaksanakan di tengah pandemi virus corona (Covid-19), kepolisian akan menindak pengemudi sepeda motor dan mobil yang melakukan pelanggaran lalu lintas.

Baca Juga:  PSBB Jakarta: Mulai Senin Ini, Pemprov dan Polisi Gelar Operasi Protokol Kesehatan

“Kami sudah vicon (video conferencered) bersama jajaran. Operasi Patuh 2020 kami mulai tanggal 23 Juli hingga 5 Agustus,” jelas Kakorlantas Polri, Irjen Pol Istiono, Rabu (15/07/2020), dilansir dari Portal Berita Resmi Polri, TribrataNews

.

Kakorlantas juga menjelaskan, orientasi Operasi Patuh 2020 ini tetap pada operasi kemanusiaan dikarenakan situasinya dalam adaptasi baru pandemi Covid-19.

Baca Juga:  Rawan Kecelakaan, Waspadai Perlintasan Sebidang!

“Tindakan hukum yang dikedepankan ialah preemtif, persuasif, dan humanis dengan orientasi mendisiplinkan masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan, serta menjaga keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran berlalu lintas,” terang dia.

Dalam kesempatan lain, Dirgakkum Korlantas Polri, Brigjen Pol Kushariyanto menegaskan, pihaknya tak akan melarang tindakan penilangan. Namun, dia mengimbau tetap mengedepankan tindakan humanis terlebih dahulu.

Baca Juga:  Kasus Covid19 di Asia Tenggara: Filipina Terbanyak, Indonesia Mengkhawatirkan

“Silakan lakukan tindakan penilangan, akan tetapi lakukan pemberitahuan terlebih dahulu melalui media-media sosial atau media lain sebelum dilakukan penindakan. Contohnya jika di Jakarta, penindakan dikhususkan untuk melawan arus, jadi bila ada pengendara yang menbandel tidak usah memeriksa surat-surat, langsung lakukan penilangan,” kata Dirgakkum Korlantas Polri.

author
Journalist & Content Writer