Ini Strategi Memutus Rantai Penyebaran Covid-19 Menurut Ahli

JAKARTA, 123berita.com – Pandemi Covid-19 telah menyebar ke lebih dari 200 negara. Di Indonesia sendiri tercatat ada hampir 350 ribu kasus. Banyaknya kasus disebabkan mudahnya cara penularan, baik melalui droplet yang dikeluarkan ketika batuk dan bersin, maupun menyentuh wajah setelah memegang barang terkontaminasi.

Ketua Divisi Infeksi Departemen Pulmonologi dan Ilmu Kedokteran Respirasi FKUI, Erlina Burhan mengatakan, Covid-19 bukan hanya menyerang saluran pernapasan, namun juga organ lain, seperti otak dengan gejala stroke, kejang, dan radang otak.

Hal itu dikatakannya saat menjadi pembicara dalam webinar Sosialisasi Penanganan dan Pencegahan Covid-19 di lingkungan Kementerian PANRB, Kamis (15/10/2020).

Menurut Erlina Burhan, hal terpenting adalah melakukan pencegahan dengan menerapkan 3M atau memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Pencegahan level individu dapat dilakukan dengan mandi dan mengganti baju setelah bepergian dari luar rumah. Selanjutnya membersihkan barang yang dibawa saat keluar rumah dengan disinfektan.

“Hal yang tidak kalah penting adalah menghindari berjabat tangan sebab orang Indonesia memiliki rasa sosial yang tinggi, sehingga berjabat tangan seperti wajib dan baik, namun di saat pandemi seperti sekarang tidak dilakukan,” tuturnya, dilansir dari laman resmi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, menpan.go.id.

author
Journalist & Content Writer