Ini Dia Protokol Kesehatan Khusus Cegah Klaster Keluarga

JAKARTA, 123berita.com – Pemerintah melalui Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPA), Kementerian Kesehatan, dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah menyusun keputusan bersama tentang protokol kesehatan keluarga pada masa pandemi Covid-19. 

Hal itu diungkapkan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Reisa Brotoasmoro, saat memberi keterangan pers di Kantor Presiden, Senin (12/10/2020) sebagaimana disiarkan Kanal YouTube Sekretariat Presiden.

“Keputusan ini dibuat berdasarkan arahan Presiden Joko Widodo pada September lalu,” ujarnya, dilansir dari laman resmi Badan Nasional Penanggulangan Bencana, bnpb.go.id

Dalam protokol tersebut, Reisa Brotoasmoro menyebut ada empat hal. Pertama, protokol kesehatan keluarga secara umum, seperti cara pemakaian masker dengan benar, cara melindungi anggota keluarga yang rentan atau berisiko tinggi. 

Kedua, protokol kesehatan ketika ada anggota keluarga terpapar. Jika terjadi, pihak mana yang harus dihubungi untuk mendapatkan pertolongan segera, bagaimana proses karantina, atau isolasi mandirinya. Ketiga, protokol kesehatan keluarga ketika beraktivitas di luar rumah.

“Nah ini penting. Cara membersihkan diri sebelum berinteraksi dengan anggota keluarga di rumah. Memastikan kita tidak membawa pulang virus masuk ke dalam rumah dari pakaian atau pun barang-barang bawaan kita,” lanjut Reisa Brotoasmoro. 

author
Journalist & Content Writer