Imbas Corona, Pemprov Jateng Batalkan Mudik Lebaran Gratis 2020

SEMARANG, 123berita.com – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng) membatalkan agenda mudik Lebaran gratis 2020 bantuan gubernur dan bupati/wali kota se-Jateng. Putusan itu diambil guna meminimalisasi penyebaran penyakit karena virus corona (Covid-19).

Menurut rencana, tahun ini Pemprov Jateng menyiapkan 247 armada bus ditambah 1800 tiket kereta bagi warga Jawa Tengah di Jakarta, yang ingin balik ke kampung halaman. Namun, rencana itu dibatalkan dengan surat bernomor 430/0006380, terkait pembatalan agenda tahunan itu, ditandatangani Penjabat (Pj) Sekda Jateng Herru Setiadhie.

Menurut Herru, alasan pembatalan mudik gratis karena memperhatikan protokol kesehatan yang dikeluarkan pemerintah guna mengurangi kerumunan massa di tempat umum. Sebab, pada kondisi seperti itu, berpotensi pada penularan Covid-19.

“Utamanya untuk mengurangi kegiatan dan kerumunan massa di area publik. Maka dengan mengedepankan masyarakat luas, Pemprov Jateng membatalkan pelaksanaan mudik Lebaran gratis 2020,” ujarnya, Senin (23/03/2020), dilansir dari Portal Resmi Provinsi Jawa Tengah, jatengprov.go.id.

author
Journalist & Content Writer