Heboh Suara Dentuman Misterius di Jakarta, Ada Hubungannya dengan Gunung Salak?

JAKARTA, 123berita.com – Suara dentuman misterius kembali terjadi di Jakarta. Warga Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan dihebohkan dengan suara menggelegar pada Minggu (20/09/2020) malam.

Dilansir dari detikcom, kejadian ini juga dirasakan salah satu netizen, Andini Saras.

“Kayak suara bom meledak dari jauh sih terus tembok jendela langsung getar. Terjadi sekitar pukul 19.35 WIB. Sekitar dua menitan,” kata Andini Saras, Minggu (20/09/2020).

Ia juga mengaku mendengar dentuman serupa sebelum pukul 19.35. Semula Andini sempat ragu atas apa yang ia dengar, namun dirinya baru yakin manakala sang ibu juga mendengar suara serupa.

Melansir Insertlive, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut dentuman bisa saja terjadi karena gempa dangkal. Namun, BMKG mengaku tak mencatat adanya aktivitas seismik di Jakarta terkait dentuman itu.

“Namun demikian, hasil monitoring petir oleh BMKG menggunakan peralatan lightning detector menunjukkan adanya beberapa aktivitas petir yang terjadi di sekitar Gunung Salak Bogor antara pukul 19.00 hingga 21.00 WIB,” kata Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono, Minggu (20/09/2020).

BMKG tak ingin berspekulasi terkait sumber suara dentuman yang terjadi di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur.

“Acuan kami adalah data hasil monitoring peralatan yang menunjukkan bahwa memang ada beberapa aktivitas petir, terjadi saat rentang waktu terdengarnya suara dentuman yang dilaporkan oleh warga,” jelas Daryono.

Pihak BMKG meyakini suara dentuman pada Minggu malam bukan bersumber dari gempa bumi, melainkan dari petir yang akan menyambar.

“Suara dentuman malam ini tidak bersumber dari gempa bumi, tetapi ada dugaan bahwa suara tersebut bersumber dari petir,” pungkasnya.

author
Journalist & Content Writer