Gunung Merapi Erupsi Lagi, Borobudur Hujan Abu Deras

123berita.com – Gunung Merapi kembali mengalami erupsi pada Minggu (21/06/2020) pagi. Akibatnya, beberapa daerah terjadi hujan abu.

Menurut laporan Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) lewat akun Twitter resminya, @BPPTKG, erupsi terjadi pukul 09.13 WIB. Tinggi kolom erupsi sekira 6000 meter dari puncak.

“Terjadi erupsi di Gunung #Merapi tanggal 21 Juni 2020 pukul 09.13 WIB. Erupsi tercatat di seismogram dengan amplitudo 75 mm dan durasi 328 detik. Teramati tinggi kolom erupsi ± 6000 meter dari puncak. Arah angin saat erupsi ke Barat,” cuit akun BPPTKG.

Lewat media sosial Twitter, BPPTKG juga melaporkan erupsi tak hanya terjadi sekali. Erupsi kedua terjadi pada pukul 09.27 WIB dengan amplitudo 75 mm dan durasi 100 detik. Namun, pada erupsi kedua ini tinggi kolom erupsi tidak teramati.

Atas erupsi ini, BPPTKG mengimbau masyarakat untuk tetap tenang. Warga juga diminta untuk tetap menjaga jarak aman dari puncak Merapi.

“Masyarakat diimbau untuk tetap tenang. Jarak bahaya dalam radius 3 km dari puncak,” seru BPPTKG dalam postingannya di Twitter.

Sementara itu, sejumlah netizen mengabarkan terjadi hujan abu di wilayahnya. Akun The Awesome Resin mengatakan di sekitar kawasan Borobudur terjadi hujan abu cukup deras.

Akun Twitter Hery Prast juga menyatakan hujan abu sampai di wilayah Muntilan. Cuaca Muntilan tertutup awan, visual tidak teramati. Hujan abu di wilayah ini dikabarkan agak deras.

“Muntilan Jalan Pemuda hujan abu agak deras,” cuit akun Anissa Yumna.

Gunung Merapi sendiri hingga kini masih dalam status waspada. Status ini belum dicabut sejak 21 Mei 2018.

author
Journalist & Content Writer