Di Tengah Pandemi, Kawasan 10 Bali Baru Tetap Dibangun

JAKARTA, 123berita.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) tetap melanjutkan pembangunan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) unggulan prioritas lain, di samping menyelesaikan pekerjaan infrastruktur 5 KSPN Super Prioritas dengan meningkatkan konektivitas menuju 5 KSPN tersebut.

Adapun 5 KSPN itu, yakni Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, dan Manado, sedangkan KSPN lain yang terus dilanjutkan pembangunannya adalah Morotai di Maluku Utara, Tanjung Kelayang di Bangka Belitung, Tanjung Lesung di Banten, Wakatobi di Sulawesi Tenggara, Bromo-Tengger-Semeru di Jawa Timur.

Baca Juga:  Asyik! Pelajar hingga Dosen Dapat Subsidi Kuota Sampai 50 GB/Bulan

Pada 2020, Kementerian PUPR melalui Ditjen Bina Marga mengalokasikan anggaran Rp402,56 miliar untuk berbagai kegiatan peningkatan jaringan jalan dan jembatan, di antaranya rekonstruksi jalan, pelebaran, rehabilitasi, penataan trotoar dan drainase, pembangunan jalan baru, dan perbaikan jembatan.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, mengatakan ketersediaan infrastruktur jalan akan meningkatkan pengembangan destinasi wisata setempat dan memudahkan wisatawan mencapai lokasi wisata.

Baca Juga:  Aturan Baru Sistem Kerja ASN Berdasarkan Kategori Zonasi Risiko Wilayah

“Akses jalan yang semakin baik akan menunjang perekonomian masyarakat di kawasan wisata,” kata Menteri Basuki, dilansir dari laman resmi Kementerian Keuangan RI, kemenkeu.go.id.

Lima KSPN unggulan itu merupakan bagian dari 10 Bali Baru yang dikembangkan pemerintah untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara. KSPN diharapkan mampu meningkatkan produktivitas sektor pariwisata agar menjadi sektor andalan untuk mendatangkan devisa, membuka lapangan kerja, dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi lokal.

Baca Juga:  Bak Polisi, Seragam Satpam akan Berubah Jadi Cokelat Lengkap dengan Pangkat
author
Journalist & Content Writer