[COVID-19]: UN Dihapus, Nilai Rapor Jadi Opsi Kelulusan?

JAKARTA, 123berita.com – Pandemi virus corona (Covid-19) terus berdampak ke berbagai sektor, tak terkecuali pendidikan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bersama Komisi X DPR RI pun akhirnya menyepakati penghapusan Ujian Nasional (UN) 2020.

Menurut Ketua Komisi X DPR RI, Syaiful Huda, penghapusan UN berlaku untuk tingkat SD, SMP, dan SMA sederajat di seluruh Indonesia.

Baca Juga:  #PrayForBengkulu : Gempa Bumi Berkekuatan 6,9 SR Guncang Kota Bengkulu

“Hasil rapat konsultasi DPR dan Kemendikbud disepakati jika pelaksanaan UN SMP dan SMA ditiadakan untuk melindungi siswa dari Covid-19,” ujar Syaiful Huda dalam keterangannya sebagaimana dilansir Antara

di Jakarta, Selasa (24/03/2020).

Ia menjelaskan, kesepakatan itu didasarkan atas penyebaran Covid-19 yang kian masif. Padahal, jadwal UN SMA harus dilaksanakan pada 30 Maret 2020, begitu pula UN SMP yang harus dijadwalkan paling lambat akhir April 2020 mendatang.

Baca Juga:  Guru Honorer dan Tenaga Pendidik Dapat Subsidi Gaji Rp600 Ribu

“Penyebaran wabah Covid-19 diprediksi akan terus berlangsung hingga April, jadi tidak mungkin kita memaksakan siswa untuk berkumpul melaksanakan UN di bawah ancaman wabah Covid-19 sehingga kami sepakat UN ditiadakan,” kata dia.

author
Journalist & Content Writer