[Covid-19]: Di Kota Ini, Jenazah-jenazah Digeletakkan di Tepi Jalan

123berita.com – Di tengah pandemi Covid-19, muncul gambar dan video dari Kota Guayaquil, Ekuador, Amerika Tengah, tentang jenazah yang diletakkan di pinggir jalan dan menunggu berhari-hari sebelum diurus.

Di Provinsi Guaya, di mana Guayaquil berada, hingga 1 April tercatat 60 orang meninggal dan 1.937 positif. Angka ini adalah yang terkonfirmasi resmi dan tidak memperhitungkan orang yang mungkin meninggal akibat Covid-19 tanpa sempat menjalani tes.

Baca Juga:  Pascaledakan Dahsyat Beirut, Pejabat Pemerintah Ramai-ramai Mengundurkan Diri

Melansir BBC, Minggu (05/04/2020), Pemakaman umum di sana ikut ambruk di tengah terjadinya pandemi. Krisis ini sudah membuat Wali Kota Guayaquil, Cyntia Viteri, berhadap-hadapan dengan pemerintah nasional.

Ia sedang berada dalam karantina karena positif virus corona. Tanggal 27 Maret ia sudah menyerukan kelemahan pemerintah nasional.

“Mereka tidak mengangkat jenazah dari rumah-rumah tinggal. Mereka meninggalkannya di tepi jalan atau diletakkan di depan rumah sakit. Tak ada yang bersedia mengangkat. Keluarga-keluarga pasien mengetuk pintu rumah sakit minta agar bisa dirawat, tapi tak ada lagi tempat tidur untuk merawat.”

Baca Juga:  Badai Laura Hantam Lousiana AS, Akibatkan Kerusakan Berat dan Banjir
author
Journalist & Content Writer