Bukan Scuba & Buff, Ini Jenis Masker Buat Lawan Covid-19 dari WHO

123berita.com – Masker tak bisa dimungkiri keberadaannya sangat dibutuhkan di masa pandemi sekarang. Beragam jenis masker pun digunakan orang demi terlindung dari paparan virus corona (Covid-19).

Namun tahukah kamu, jenis masker scuba dan masker buff sejatinya kurang aman buat perlindungan dari virus ganas itu. Melansir CNBC Indonesia, Senin (21/09/2020), masker berbahan scuba dan buff yang paling banyak digunakan masyarakat ternyata tidak efektif mencegah droplet.

Efektivitas masker berbahan scuba dan buff hanya berkisar antara nol hingga lima persen saja. Angka ini jauh di bawah masker kain tiga lapis dengan persentase efektivitas 50 hingga 70 persen. Alhasil, penggunaan masker scuba dan buff di tempat publik berisiko tinggi tertular Covid-19.

Satuan Tugas Penanganan Covid-19 tidak merekomendasikan pemakaian masker berbahan scuba atau buff di sejumlah fasilitas publik.

“Masker scuba ini masker satu lapis dan terlalu tipis, sehingga kemungkinan tembus dan tidak bisa menyaring lebih besar. Disarankan menggunakan masker yang berkualitas,” kata Jubir Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito dalam konferensi pers di Kantor Presiden, seperti dikutip Senin (21/09/2020).

Terkait penggunaan masker ini, sebaiknya mengikuti standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), yakni masker kain dengan tiga lapis. Lapisan paling dalam terbuat dari bahan hidrofilik, seperti katun atau campuran katun.

Lapisan tengah terbuat dari bahan hidrofobik dari bahan tanpa tenun sintetis seperti polipropilena atau lapisan katun yang dapat meningkatkan filtrasi atau menahan droplet. Lapisan terluar terbuat dari bahan hidrofobik, seperti polipropilen, poliester, atau campuran keduanya.

author
Journalist & Content Writer