Bingung ? Ini 4 Cara Melaksanakan Puasa Syawal Setelah Idul Fitri

123Berita.comBulan Ramadhan telah pergi meninggalkan kita dan di tahun 2020 ini suasana sangatlah berbeda. Dengan adanya pandemi covid-19, banyak perantau-perantau yang tak mudik dan terpaksa melaksanakan hari raya Idul Fitri tanpa bisa bertemu sanak keluarga dan sahabat, namun dibalik itu semua, Idul Fitri tetaplah Idul Fitri, hari kemenangan setelah sebulan penuh melaksanakan puasa.

Walaupun bulan Ramadhan telah berakhir, kini umat Islam menyambut bulan yang juga terkandung banyak kenikmatan yakni bulan Syawal. Di dalam bulan Syawal, ada salah satu sunnah yang bisa kita (umat Muslim) kerjakan yakni puasa Syawal

.

Lantas, bagaimana tata cara mengerjakan atau menjalankan puasa Syawal ? Apakah sama dengan puasa-puasa di Bulan Ramadhan ? Berikut ini caranya.

4 Tata Cara Puasa di Bulan Syawal

Sebenarnya caranya sama dengan puasa-puasa di Bulan Ramadhan, namun yang membedakan adalah bacaan niatnya.

1. Membaca Niat Puasa Syawal

Hal pertama yakni membaca niat dan berikut ini bacaannya.

Nawaitu shauma ghadin ‘an ada’i sunnatis Syawwali lillahi ta’ala.

2. Sahur

Hal kedua setelah membaca niat yakni sahur. Sahur disini sama saja dengan sahur di Bulan Ramadhan dimana setelah Adzan Subuh dilarang makan.

3. Tahan Lapar, Haus, Amarah, dan Hawa Nafsu

Setelah melaksanakan sahur, hal ketiga yakni menahan lapar, haus, amarah, dan juga hawa nafsu. Ingat puasa Syawal akan batal jika kita tak bisa menahan semua hal yang disebutkan diatas.

4. Buka Puasa

Setelah mampu menahan semua hal nomor 3, yang terakhir yakni berbuka puasa. Setelah mendengar Adzan Maghrib, teman-teman bisa membatalkan puasa dengan berbuka.

Nah itu dia 4 tata cara melaksanakan puasa di bulan Syawal, semoga bisa menjadi referensi bagi teman-teman yang ingin berpuasa.

author